Apa penyebab keluar gumpalan darah pada gigi berlubang?

Terkadang ketika gigi kita berlubang, akan keluar gumpalan darah dari lubang tersebut. Apa penyebab keluar gumpalan darah pada gigi berlubang?

Penyebab Keluar Gumpalan Darah Pada Gigi Berlubang

  1. Plak dan Karang Gigi
    Plak merupakan sumber utama dari keluarnya darah pada gigi berlubang. Plak terbentuk dari sisa – sisa makanan yang diolah oleh bakteri gigi menjadi asam laktat. Plak yang semula lunak lambat laun akan mengeras dan menjadi penyebab karang gigi hitam.

  2. Terjadi Infeksi Pada Gusi
    Infeksi pada gusi yang dibiarkan akan menjadi radang gusi atau gingivitis, kondisi ini dapat menjadi pemicu gigi yang berlubang mengeluarkan darah.

  3. Menyikat Gigi Terlalu Keras
    Menyikat gigi terlalu keras juga dapat menjadi penyebab terjadinya perdarahan pada gigi yang berlubang. Oleh sebab itu pentingnya memahami cara menyikat gigi dengan benar, dapat menghindari terjadinya perdarahan yang disebabkan karena benturan gigi dengan sikat gigi.

  4. Gigi Sudah Goyang
    Gigi berlubang yang sudah goyang juga menjadi salah satu penyebab keluarnya darah. Contohnya pada saat sikat gigi atau bersentuhan dengan makanan yang masuk ke dalam mulut.

  5. Terjadi Benturan Pada Gigi
    Terjadinya benturan yang tidak disengaja pada gigi dapat mengakibatkan gigi yang sudah berlubang mengeluarkan darah. Misalnya pada saat terjatuh atau melakukan aktifitas olah raga yang beresiko terjadi benturan pada wajah dan sekitarnya.

sumber: https://halogigi.com/