Apa penyebab keguguran pada hewan kambing?

Kambing merupakan binatang memamah biak yang berukuran sedang. Kambing ternak (Capra aegagrus hircus) adalah subspesies kambing liar yang secara alami tersebar di Asia Barat Daya (daerah “Bulan sabit yang subur” dan Turki) dan Eropa. Kambing liar jantan maupun betina memiliki tanduk sepasang, namun tanduk pada kambing jantan lebih besar. Tetapi kambing bisa mengalami keguguran. Keguguran menimbulkan kerugian terhadap dua aspek, yakni peternak gagal memperoleh tambaham anak kambing (cempe) dan gagalnya produksi susu karena kabing tidak jadi beranak.

Banyak penyebab - penyebab kegugurannya hewan kambing. salah satunya Keguguran yang disebabkan oleh mikroroorganisme penyebab penyakit hanya dapat ditentukan dengan analis di laboratorium. Pengobatan yang efektif harus didasarkan pada penyebab penyakit tersebut.
Penyakit yang disebabkan oleh virus tidak dapat diobati dengan tuntas, sehingga kambing yang mengidap virus ini sebaiknya segara disingkirkan dari populasi, misalnya dipotong. Upaya ini juga merupakan upaya pencegahan agar penyakit tidak mewabah. Keguguran yang disebabkan oleh bakteri masih bisa diatasi denngan memberikan preparat sulfa atau antibiotika. Berbagai bentu benda cairan yang dikeluarkan oleh kambing yang keguguran harus segara dibakar.
Bagian kandang yang terkena cairan, misalnya dara kambing yang keguguran, harus dibersihkan dengan disinfektan. Keguguran yng disebabkan oleh mikroorganisme penyebab penyakit bisanya bersifa zoonois, yaitu dap menular pada manusia, sehingga harus hati-hati dalam menolong kambing yang keguguran.