Apa penyebab kanker mulut pada anjing? Bagaimana pengobatannya?

Kanker adalah salah satu penyakit yang paling umum mempengaruhi anjing. Kebanyakan pemilik tidak mengetahui anjing mereka telah dipengaruhi oleh sel-sel kanker sampai terjadi perubahan perilaku yang tidak biasa.Kanker mulut terutama terjadi ketika anjing telah berusia tua, meskipun penyakit berbahaya ini bisa menyerang kapan saja.

Belum diketahui pasti apa yang menjadi penyebab kanker mulut anjing, tetapi penelitian menunjukkan bahwa kanker mulut biasanya menyerang anjing berusia antara 6 hingga 22 bulan. Sebagian dokter hewan menduga peran karsinogen sebagai pemicu kanker. Karsinogen dapat terhirup oleh anjing karena mereka mengendus tanah dan hampir segala sesuatu di sekitar mereka. Agen penyebab kanker lantas memasuki tubuh anjing dan memicu pertumbuhan sel-sel kanker. Anjing juga bisa mengkonsumsi karsinogen melalui makanan. Menurut sebuah studi, terdapat hubungan langsung antara makanan anjing dan kanker mulut. Pengawet buatan dan bahan kimia yang digunakan dalam makanan anjing mungkin mengandung karsinogen, meskipun studi ini masih belum dikonfirmasi dan diperlukan penelitian lebih lanjut. Gejala paling umum kanker mulut adalah keluarnya air liur berlebih, pembengkakan wajah, pendarahan mulut, bau mulut, mengunyah makanan hanya menggunakan satu sisi mulut, dan berkurangnya nafsu makan karena kesulitan mengunyah.

Dokter hewan akan memerlukan laporan rinci kesehatan anjing dan riwayat medis untuk membuat diagnosa yang tepat. Berbagai tes darah juga lazim dilakukan untuk melihat seberapa jauh sel-sel kanker telah menyebar di dalam tubuh. Dokter hewan juga akan melakukan pengecekan rinci dalam mulut, leher, wajah dan kelenjar getah bening untuk memeriksa apakah kanker telah menyebar di sana. Jenis tumor ini cukup sulit diobati. Operasi mungkin tidak banyak membantu dalam banyak kasus karena tumor telah menyebar ke banyak bagian tubuh. Dalam kasus parah, dokter hewan dapat mengangkat bagian rahang yang terkena. Setelah operasi, mulut anjing akan terasa sakit selama beberapa bulan dan anjing mungkin menghadapi kesulitan mengunyah makanan pada bulan-bulan awal. Kebanyakan dokter menyarankan diet lunak untuk setidaknya 6 sampai 7 bulan dan mungkin juga memberikan resep makanan khusus untuk anjing yang menderita kanker mulut.