Apa penyebab gusi bengkak pada gigi berlubang?

Gusi bengkak adalah salah satu gejala dari gingivitis kronis atau peradangan gusi kronis. Deteksi dan pengobatan gusi bengkak sedini mungkin dapat mencegah kondisi lain yang lebih parah misalnya periodontitis.

Penyebab gusi bengkak pada gigi berlubang memang saling berkaitan satu sama lain. Berikut beberapa hal yang mungkin menyadi penyebabnya.

  1. Kebersihan rongga mulut yang tidak terjaga
    Kebanyakan masalah gigi dan mulut muncul dari masalah kebersihan. Ya, kebersihan dari rongga mulut yang tidak terjaga tentu bisa menjadi penyebab gusi bengkak pada gigi berlubang, walau katakanlah Gusi Bengkak Tapi Tidak Sakit. Mengapa? Jawabannya adalah rongga mulut yang tidak bersih pasti akan menjadi penyebab dari munculnya bakteri. Bakteri tersebut akan beraktivitas dengan lebih leluasa dan berkembang biak dengan lebih cepat. Jika terdapat gigi berlubang, maka bakteri akan meradang di sana, sehingga seringkali gusi di sekitar gigi berlubang juga ikut terinfeksi. Akibatnya, gusi di sekitar gigi berlubang juga ikut membengkak.

  2. Plak pada gigi
    Plak pada gigi juga bisa menyebabkan masalah gigi dan gusi, seperti gusi bengkak dan gigi berlubang. Hal ini disebabkan karena plak adalah rumah bagi bakteri. Jika plak atau karang gigi menumpuk pada gigi, itu berarti akan lebih mudah bakteri hidup di sana. Bakteri akan menyebabkan gigi keropos dan berlubang. Jika kasusnya sudah parah, gigi yang berlubang juga bisa menyebabkan gusi di sekitarnya membengkak karena iritasi.

  3. Kekurangan nutrisi tertentu
    Penyebab gusi bengkak pada gigi berlubang juga bisa jadi karena malnutrisi. Kesehatan tubuh bisa dipengaruhi oleh nutrisi yang dikonsumsi oleh seseorang. Demikian pula dengan kesehatan gigi dan mulut. Jika seseorang mengalami malnutrisi atau kekurangan nutrisi terhadap sejumlah vitamin dan mineral, kesehatan gigi dan gusi bisa mendapatkan pengaruhnya. Vitamin yang berperan dalam kesehatan gusi dan rongga mullut adalah vitamin B dan C. Kekurangan vitamin B dan C bisa menyebabkan masalah pada gusi, termasuk gusi bengkak. Sedangkan mineral yang berperan dalam kesehatan gigi dan mulut adalah kalsium. Jika tubuh kekurangan kalsium, gigi akan lebih mudah keropos. Dan jika hal ini terjadi secara terus menerus, maka tubuh akan lebih mudah terserang gigi berlubang. Hal ini juga bisa menyebabkan gusi menjadi bengkak.

  4. Kehamilan
    Penyebab gusi bengkak pada gigi berlubang juga bisa karena masa kehamilan. Masa kehamilan juga kerap kali menjadi masa yang sulit bagi sebagian orang. Ada wanita hamil yang seringkali mengalami sakit gigi dan juga gusi bengkak. Penyebabnya bisa jadi karena perubahan hormon. Selama masa kehamilan, hormon wanita memang akan berubah. Dan hal ini bisa mempengaruhi aliran darah yang ada di gusi. Kondisi inilah yang menyebabkan seorang ibu hamil lebih mudah mengalami Sakit Gigi saat Hamil atau juga gus bengkak saat hamil. Selain itu, perubahan hormon dalam masa kehamilan juga seringkali menurunkan kemampuan tubuh dalam melawan sejumlah bakteri yang ada di tubuhnya. Hal ini yang semakin memperparah kondisi gusi bengkak dan berdarah, sehingga wanita hamil akan lebih mudah mengalaminya.

sumber: https://halogigi.com/penyebab-gusi-bengkak-pada-gigi-berlubang