Apa Pentingnya Self Awareness Bagi Diri Kita?

c2cba1b2a9c15ebda5aab808c417880a_600x400 (1)

“Yakinkan dirimu setiap hari bahwa kamu layak mendapatkan kehidupan yang baik. Lepaskan stres, bernafaslah. Tetap positif, semuanya baik-baik saja." - Jerman Kent

Mengenali diri sendiri mulai dari karakter, keinginan, perasaan, hingga motivasi dengan baik merupakan salah satu kunci kesuksesan dalam diri kita. Ternyata, mengenali diri sendiri tidak hanya penting dalam langkah awal memulai karir, tapi juga untuk kemajuan karir ke depannya. Kesadaran akan karakter, keinginan, perasaan, hingga motivasi diri sendiri ini disebut dengan self awareness.

Kesadaran merupakan hal yang terpenting untuk manusia, bagaimana tidak?? Tanpa kesadaran apa bisa manusia mengetahui dan mengingat hal terpenting yang terjadi dalam hidupnya. Bagaimana bisa kita menjalani hidup yang teratur tanpa adanya sebuah kesadaran, semua pasti memerlukan adanya kesadaran.Terutama mengenai kesadaran diri, banyak diantara manusia tidak bisa melihat akan kesadaran diri, padahal itu merupakan satu kesatuan yang terpenting juga dalam hidup manusia. Dengan adanya sebuah kesadaran diri manusia bisa mengevaluasi atas apa yang terjadi atau apa yang selama ini ia perbuat, dari yang kurang baik akan menjadi baik bahkanjauh lebih baik.

Abraham Maslow dalam teorinya humanistic mengemukakan bahwa :

“Kesadaran diri adalah mengerti dan memahami siapa diri kita yang sebenarnya, bagaimana menjadi diri sendiri, potensi apa yang kita miliki, gaya apa yang dimiliki, apa langkahlangkah yang harus diambil, apa yang dirasakan, nilai-nilai apa yang diyakini, dan kearah menuju kearah mana perkembangan yang dirasakan”.

Self Awareness (kesadaran diri) adalah perhatian yang berlangsung ketika seorang mencoba memahami keadaan internal dirinya. Prosesnya berupa semacam refleksi dimana seseorang secara sadar memikirkan hal-hal yang ia alami berikutnya emosi-emosi mengenai pengalaman tersebut. Dengan kata lain, self awareness adalah keadaan ketika kita membuat diri sendiri sadar tentang emosi yang sedang kita alami dan juga pikiran-pikiran kita mengenai emosi tersebut. Sesuai yang dikatakan psikolog Sri Ratnawati:

“Self Awareness merupakan salah satu aspek kepribadian yang sangat penting di dalam kehidupan seseorang. Karena itu kita harus bisa mengoptimalkan untuk pengembangan diri kedepan,”.

Self Awareness merupakan kemampuan yang sebaiknya dimiliki oleh setiap individu dikarenakan adanya keuntungan atau manfaat yang baik ketika individu tersebut memilikinya. Seseorang yang memiliki tingkat Self Awareness tinggi memiliki kondisi yang lebih sukses di kehidupannya dibandingkan mereka yang tidak memperdulikan kesadaran penuh terhadap diri sendiri tersebut.

Kesadaran diri merupakan proses mengenali motivasi, pilihan dan kepribadian kita lalu menyadari pengaruh faktor-faktor tersebut atas penilaian, keputusan dan interaksi kita dengan orang lain. Kesadaran diri adalah perhatian yang berlangsung ketika seseorang mencoba memahami kesediaan internal dirinya. Kesadaran diri juga merupakan keadaan ketika kita membuat diri sendiri sadar tentang emosi yang sedang kita alami dan juga pikiran-pikiran kita mengenai emosi tersebut. Kesadaran akan diri sendiri yang diawali dengan mengenal diri sendiri dan kemudian memlih menjadi diri sendri merupakan suatu hal yang sangat penting untuk mengoptimalkan pengembangan diri. Pemngembangan diri selalu diawali dengan kesadaran akan apa yang terjadi pada diri sendiri.

Apa pentingnya self awareness ini bagi diri kita?

Kita mungkin telah sering mendengar pentingnya Self-Awareness dalam kehidupan pribadi maupun profesional. Seseorang yang memiliki Self-Awareness dinilai lebih percaya diri dan lebih sukses dalam hubungan maupun pekerjaannya. Penelitian dari Tasha Eurich, PhD mendukung hal ini. Dalam studi ilmiah yang diikuti oleh hampir 5000 partisipan terkait Self-Awareness disimpulkan bahwa seseorang dengan Self-Awareness yang baik terbukti:

  • Lebih percaya diri.
  • Lebih kreatif.
  • Membuat keputusan yang lebih baik.
  • Membangun relasi lebih kuat.
  • Berkomunikasi lebih efektif.
  • Cenderung untuk tidak berbohong, menipu dan mencuri.

Self awareness sangat penting bagi saya sendiri dikarenakan self awareness itu sendiri berguna untuk meningkatkan kepercayan diri. Meningkatkan rasa percaya diri dimulai dengan bahasan untuk mengenal potensi diri dan hal-hal yang mendukung rasa percaya diri, mengolah potensi dan faktor pendukung, lebih bisa menerima diri, menjadi lebih percaya diri, tahu cara mengembangkan diri sendiri.

Sesuai apa yang dikatakan oleh -Kilroy J. Oldster, Dead Toad Scrolls:

“Transformasi diri dimulai dengan periode mempertanyakan diri sendiri. Pertanyaan menimbulkan lebih banyak pertanyaan, kebingungan mengarah pada penemuan baru, dan meningkatnya kesadaran pribadi mengarah pada transformasi dalam cara seseorang hidup. Modifikasi yang bertujuan dari diri sendiri dimulai dengan merevisi fungsi internal pikiran kita. Fungsi internal yang diperbaiki pada akhirnya mengubah cara kita memandang lingkungan eksternal kita”.

Jadi dapat disumpulkan bahwa Self Awareness itu sangat penting bagi diri kita. Kita tidak harus selalu membandingkan diri kita dengan orang lain, kita hanya perlu memahami dan mengenali diri kita terlebih dahulu. Dalam kehidupan, kita juga perlu untuk memilih mana yang terbaik buat kita, seperti memilih orang yang dapat memahami dirimu secara baik. Sesuai yang dikatakan Jenifer Ho:

“Ingin melihat perasaanmu tentang dirimu sendiri? Lihatlah siapa yang kamu pilih untuk mengelilingi dirimu. ”

Untuk itu, “Your visions will become clear only when you can look into your own heart. Who looks outside, dreams; who looks inside, awakes."

Visi Anda akan menjadi jelas hanya ketika Anda dapat melihat ke dalam hati Anda sendiri. Yang melihat ke luar, mimpi; yang melihat ke dalam, bangun. "
Mari. Kenali diri dan membaur didalamnya.

Daftar Pustaka

1 Like