Apa pentingnya memahami kebutuhan pengguna dalam dunia bisnis?

Sebelum membuat suatu produk, kita perlu memahami kebutuhan pengguna agar produk yang kita hasilkan tidak sia-sia dan menjadi sesuatu yang pengguna cari selama ini.

Apa pentingnya memahami kebutuhan pengguna dalam dunia bisnis ?

Memahami kebutuhan pengguna merupakan tahapan yang sangat awal dan mendasar serta merupakan komponen yang paling penting karena menentukan seperti apa produk dihasilkan. Tetapi tahapan ini sering sekali dilewatkan karena bukan merupakan hal yang mudah sehingga menyebabkan beberapa produk tidak sesuai dengan kebutuhan pengguna, tidak menyelesaikan masalah pengguna, tidak user friendly, hal yang sering terjadi adalah, produk sangat mengikuti perkembangan teknologi tetapi tidak tepat guna.

Nah pentingnya memahami kebutuhan pengguna adalah langkah awal untuk meminimalisir keumungkinan-kemungkinan tersebut.

Selain itu, dengan berbicara langsung dengan pelanggan akan membuat kita lebih belajar banyak tentang apa yang dibutuhkan oleh mereka. Inti dari kesuksesan bisnis dengan memahami kebutuhan pelanggan adalah, jika kita mengerti keseluruhan apa yang dibutuhkan pelanggan, maka kita secara tidak langsung akan menghasilkan produk yang lebih bermafaat dan berkualitas sesuai dengan apa yang pelanggan butuhkan sehingga dengan mudah kita menawarkan produk kita kepada pelanggan.

Sumber :

Jika kamu adalah seorang pengembang atau pencipta dari sebuah produk, maka kamu perlu untuk memahami orang-orang yang menggunakan layananmu dan apa yang diinginkan oleh penggunamu, tentunya hal itu berbasis pada kebutuhan pengguna untuk dibangunkan sebuah layanan yang sesuai untuk mereka (pengguna). Kamu perlu memahami pengguna dan kebutuhannya dari sudut pandang mereka dan tidak semata-mata melalui lensa proyek yang telah kamu berikan.

Untuk melakukan hal ini, kamu sangat perlu memahami apa yang pengguna coba lakukan saat mereka menemukan bagian dari layanan yang kamu berikan, dan tugasmu adalah merancang layanan yang sesuai dengan bahasan dalam konteks tersebut. Hal ini sering melibatkan pemahaman tentang hal – hal yang tidak ‘dalam lingkup’ atau dari sebagian tanggung jawabmu. Dari hal tersebut, kamu dapat belajar bagaimana cara merancang layanan yang lebih baik lagi.

Kamu sebagai pengembang atau pencipta produk harus dapat memahami semua aspek (end to end and accros channels) dari pengalaman penggunamu saat ini. Kamu harus menyertakan semua pengguna yang terlibat dalam pemberian layanan antara lain : pengguna akhir, pemberi layanan dan perantara lainnya yang mendukung pengguna akhir untuk mengakses layanan tersebut.

Penelitian yang kamu lakukan perlu mencakup berbagai pengguna dan menunjukkan bahwa kamu memahami tentang skenario terhadap pengguna yang berbeda-beda bahwa hal itu dapat mempengaruhi design dan pengiriman layanan. Kamu harus membantu para pengguna awal yang mungkin memerlukan bantuan untuk berinteraksi secara digital atau tidak berinteraksi secara digital.

Sumber : https://www.dta.gov.au/standard/1-user-needs/