Apa pentingnya gagasan dalam seni rupa?

Karya seni rupa terapan mengutamakan faktor kegunaan dan juga faktor estetikanya. Untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan kedua faktor tersebut diperlukan rancangan atau gagasan. Apa lagi fungsi lain dari gagasan dalam seni rupa ini?

Karya seni rupa terapan mengutamakan faktor kegunaan dan juga faktor estetikanya. Untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan kedua faktor tersebut diperlukan rancangan, teknik dan perhitungan yang akurat didalam memilih bahan, bentuk (desain), ukuran, fungsi dan daya tahannya.

Seni kriya (seni kerajinan) merupakan salah satu bagian dari seni rupa terapan. Seni kriya adalah hasil pekerjaan tangan yang dilakukan oleh orang yang terampil dan berkemampuan. Pada umumnya seni kriya dibuat sebagai barang produksi atau seni industri. Dalam mencipta karya seni rupa terapan , seorang seniman tidak lepas hubungannya dengan masyarakat. Dalam pembuatan seni kriya (seni kerajinan) mengutamakan keterampilan dan kecekatan. Ide atau gagasan menciptakan karya seni rupa terapan di samping untuk kepuasan diri sendiri juga untuk kebutuhan masyarakat. Merancang sebuah karya seni rupa terapan tumbuh dari adanya gagasan atau ide, dan imajinasi. Gagasan yang baik dan diwujudkan dalam wujud rupa akan menjadi sebuah karya yang ideal. Gagasan atau ide seniman di dalam membuat suatu karya tidak terlepas dari hubungannya dengan alam, karya seni dan masyarakat.