Apa pentingnya ada seorang manajer pemasaran dalam sebuah perusahaan / organisasi?

Tanggung jawab Manajer Pemasaran dalam perusahaan / organisasi sangat banyak, namun dalam hal ini bagaimana jika seorang manajer pemasaran tidak ada dalam sebuah perusahaan / organsasi ?

Seorang manajer pemasaran dalam sebuah perusahaan / organisasi sangat penting ada karena :

  • Manajer Pemasaran Produk fokus terhadap pemahaman pasar dan kebutuhan pasar secara luas, tetapi lebih menekankan kepada calon “pembeli” produk dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan.
  • Tanggung jawab Manajer Pemasaran Produk adalah mengembangkan posisi produk, penyampaian pesan kepada pengguna, pembeda dengan kompetitor dan memastikan tim penjualan dan pemasaran bekerja secara efektif dan efisien dalam mengambil setiap peluang yang ada.
  • Merencanakan, mengarahkan, atau mengkoordinasikan kebijakan dan program pemasaran, antara lain melihat permintaan untuk produk dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan dan pesaingnya serta mengidentifikasi pelanggan potensial. Seorang manajer pemasaran juga mengembangkan strategi harga dengan tujuan memaksimalkan keuntungan atau pangsa pasar perusahaan. Ia juga memastikan kepuasan pelanggan perusahaan. Manajer pemasarn mengawasi perkembangan produk atau memantau tren yang menunjukkan kebutuhan untuk produk dan layanan baru.

Tugas lain dari manajer pemasaran yakni :

  • Mengidentifikasi, mengembangkan, atau mengevaluasi strategi pemasaran, berdasarkan pengetahuan dari tujuan berdirinya perusahaan, karakteristik pasar, biaya, dan faktor kenaikan harga.
  • Merumuskan, mengarahkan, atau mengkoordinasi kegiatan atau kebijakan pemasaran untuk mempromosikan produk atau jasa.
  • Bekerja dengan manajer iklan atau promosi
  • Mengevaluasi aspek keuangan dari pengembangan produk, seperti anggaran, pengeluaran, penelitian dan pengembangan alokasi, laba atas investasi serta proyeksi laba-rugi
  • Mengembangkan strategi harga, menyeimbangkan antara tujuan perusahaan dan kepuasan pelanggan.
  • Mengumpulkan daftar penawaran produk atau jasa

Referensi : https://www.youthmanual.com/profesi/pemasaran-penjualan-dan-pelayanan/manajer-pemasaran