Apa pengganti Valsartan sebagai obat anti hipertensi ?

Valsartan

Valsartan adalah obat untuk mengatasi hipertensi dan gagal jantung. Selain itu, obat ini juga dapat dipakai untuk melindungi jantung pada pasien yang baru mengalami serangan jantung.

Apa pengganti Valsartan sebagai obat anti hipertensi ?

1 Like

Valsartan telah banyak diresepkan di seluruh dunia selama 15 tahun, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) meminta industri menghentikan produksi dan distribusi obat hipertensi yang mengandung valsartan produksi Zhejiang Huahai Pharmaceuticals, Linhai, China.

Obat Anti hipertensi ini telah ditarik di beberapa negara dan produksi telah berhenti setelah ditemukan mengandung bahan kimia Nitrosodimethylamine (NDMA) yaitu bahan kimia organik yang bersifat karsinogen penyebab kanker, tumor di hati, ginjal, serta sistem pernafasan.

Pada awalnya obat ini dikembangkan oleh Novartis dan perusahaan Swiss memasarkannya sebagai Diovan, tetapi sekarang telah dipatenkan dan digunakan dalam sejumlah obat generik yang dipasok oleh berbagai perusahaan. Selain mengatasi tekanan darah tinggi Obat Ini juga diresepkan untuk mengobati gagal ginjal

Produsen utama di Cina adalah Zhejiang Huahai, yang didirikan pada tahun 1989 dan terdaftar di bursa saham Shanghai pada tahun 2003, Perusahaan yang sama itu juga membuat bahan untuk obat-obatan HIV dan depresi serta membuat bahan aktif untuk sejumlah obat yang berbeda untuk mengobati masalah jantung, depresi, alergi dan HIV, menurut situs webnya lebih dari dua pertiga dari semua bahan obat aktif berasal dari Cina dan India.

Produk valsartan yang ditarik, seperti tercantum dalam lampiran penjelasan BPOM, adalah Varten Tablet 80 mg dan 160 mg buatan PT Actavis Indonesia dan Valesco Kaplet Salut Selaput 40 mg, 80 mg dan 160 mg buatan PT Dipa Pharmalab Intersains.

Bagi pasien yang biasa mengkonsumsi :

  • Ada baiknya menghentikan sementara penggunaan obat ini.
    Identifikasi dan cari tahu nama merek (brand) obat yang digunakan, berikut produsennya.
    Dapat berkonsultasi dengan dokter / apoteker di fasilitas pelayanan kesehatan/ kefarmasian. untuk memperoleh Informasi apakah diperlukan penggantian obat (golongan yang sama atau berbeda).

  • Perubahan obat ini memungkinkan adanya perubahan regimen dosis juga.
    Tetapi ada beberapa obat branded dan generik Valsartan lain yang tidak ditarik dari peredaran karena tidak menggunakan bahan baku dari Zhejiang. Yang di antaranya, Valsartan dan Valdix (dari Dexa Medica), Diovan (dari Novartis Indonesia), Tyoval (dari Novell Pharmaceutical). Valsartan (PT Etercon), dan Valsif (dari Ferron Par Pharmaceutical).

Pentingnya mempunyai riwayat medis pribadi dan daftar obat yang pernah di konsumsi dalam aplikasi +hubsehat bisa membantu dan memudahkan kamu untuk mengambil tindakan pencegahan lebih cepat.

Sumber :

  • CNN
  • BPOM
  • DETIK
  • Irmina Gultom
1 Like