Apa Pengertian dari Quantitative Risk Analysis?

1

Perform Quantitave Risk Analysis menggunakan informasi tentang risiko proyek individu yang telah dinilai oleh proses Analisis Risiko secara Kualitatif, karena memiliki potensi yang signifikan untuk mempengaruhi tujuan proyek.

Lantas, apa yang dimaksud dengan Quantitative Risk Analysis itu sendiri?

1a

Perform Quantitative Risk Analysis adalah proses numerik yang menganalislsefek gabungan dari risiko proyek individu yang teridentifikasi dan sumber-sumber ketidakpastian lain pada keseluruhan tujuan proyek.

Manfaat utama dari proses ini adalah bahwa ia mengkuantifikasi paparan risiko proyek secara keseluruhan, dan juga dapat memberikan informasi risiko kuantitatif tambahan untuk mendukung perencanaan respons risiko. Proses ini tidak diperlukan untuk setiap proyek, tetapi jika digunakan pun akan dilakukan diseluruh proyek.

Sebenarnya, Quantitative Risk Analysis tidak diperlukan untuk semua proyek. Melakukan analisis yang kuat tergantung pada ketersediaan data berkualitas tinggi tentang risiko proyek individual dan sumber ketidakpastian lainnya, serta dasar proyek yang mendasari yang kuat untuk ruang lingkup, jadwal, dan biaya. Analisis risiko kuantitatif biasanya memerlukan perangkat lunak dan keahlian risiko khusus dalam pembembangan dan interpretasi model risiko. Hal ini juga menghabiskan waktu dan biaya tambahan. Penggunaan analisis risiko kuantitatif untuk suatu proyek akan ditentukan dalam rencana manajemen risiko proyek. Hal ini kemungkinan besar cocok untuk proyek besar atau kompleks, proyek-proyek penting secara strategis, proyek yang merupakan persyaratan kontrak, atau proyek dimana pemangku kepentingan utama membutuhkannya.

Analisis risiko kuantitatif adalah satu-satunya metode yang dapat diandalkan untuk menilai keseluruhan risiko poryek melalui evaluasi efek agregat pada hasil poyek dari semua risiko proyek individual dan sumber ketidakpastian lainnya.

Sumber :Project Management Institute. 2017. A Guide to the Project Management Body of Knowlegde, Sixth Edition. USA : Global Standard.