Apa pengaruh tetrasiklin pada gigi?

obat tetrasiklin yang merupakan satu dari obat antibiotik yang mekanisme kerjanya dengan cara menghambat sintesis protein dengan mekanisme mengikat bakteri supaya introduksi asam amino pada rantai peptida yang baru terbentuk tidak dapat terjadi atau berprose dengan baik.
asw

Manfaat dan kegunaan obat ini sebagai pengaruhnya dalam gigi yaitu seperti beberapa penjelasan di bawah ini :

  1. Menimbulkan Infeksi Pada Rongga Mulut
    Karena mengkonsumsi obat ini tanpa adanya dosis yang tepat maka akan berakibat pada masalah rongga mulut. Hal ini harus dihindari agar masalah yag serius tidak timbul, apalagi masalah rongga mulut sangat erat kaitannya dengan masalah gigi, gusi, jaringan syaraf dan masalah mengunyah jadi sulit untuk dilakukan. Contoh penyebab gigi berdarah saat bangun tidur dan pengobatannya.

  2. Perubahan Warna Gigi
    Untuk anak dibawah usia seharusnya dapat memperhatikan penggunaan obat ini, karena akan berdampak pada perubahan warna gigi jika tidak diawasi. Oleh karena itu perlu adanya konsultasi dan anjuran dokter ahlinya, perubahan warna menjadi kuning, hitam dan kecoklatan yang cukup serius jika tidak ditangani dengan baik dan benar. Berikut ini penyebab gigi gemeretak saat tidur dan cara mengatasinya.

  3. Menimbulkan Diskolorasi Gigi
    Untuk pemakaian obat antibiotik yang memang memiliki efek samping harus dikonsultasikan oleh dokter. Diskolorasi gigi memiliki efek pada warna gigi yang mengalami warna yang berbeda dari aslinya. Warna yang berbeda pada gigi dapat terjadi pada gigi dipermukaan internal dan juga exkternalnya bahkan bisa juga pada keduanya. Karena itu pentingnya melakukan konsultasi sebelum mengkonsumsi obat antibiotik sebelumnya. Salah satu manfaat pelindung gigi dan jenis pelindung gigi.

  4. Menimbulkan Perubahan Fisik Pada Jaringan Keras Gigi
    Salah satu pengaruh tetrasiklin pada gigi yaitu dapat menimbulkan efek samping pada pengeroposan gigi, resorpsi gigi, bahkan terjadinya malformasi pada gigi yang tumbuh. Maka hal ini tentu dapat mempengaruhi dan juga menimbulkan terjadinya perubahan pada jaringan keras gigi Anda. Tentu hal ini jika tidak ditangani menjadi satu penyebab sakit gigi dan masalah baru pada gigi Anda. Akibat dari kelainan gigi fusion penyebab dan pengobatannya.

sumber: ANTIBIOTIKA TETRASIKLIN | Mega Pharmacist