Apa pendapatmu tentang Film G30S/PKI?

film G30S/PKI

Banyak pendapat yang mengemukakan bahwa film G30S/PKI melenceng dari fakta sejarah, tidak sesuai dengan semangat reformasi, dan hanya mengambil dari sudut pandang Soeharto dan era orde baru. Bagaimana menurut pendapatmu?

Menurut saya film G30S/PKI hanya dibuat dari sudut pandang pemerintahan masa orde baru dengan rekayasa dan selera menurut orde baru. Film ini juga terfokus pada Soeharto dan propaganda bahaya komunis. Ada juga beberapa bagian yang melenceng dari fakta sejarah dan kurang sesuai dengan semangat reformasi. Mungkin film ini jika ditayangkan ada sisi positif dan negatifnya. Namun, menurut saya, untuk tujuan penayangan rutin, film ini sebaiknya tidak ditayangkan secara sembarangan. Film ini mungkin cocok untuk penunjang materi-materi sekolah khususnya materi tentang G30S/PKI sehingga para siswa bisa lebih memahami tentang peristiwa G30S/PKI.

Film ini menandakan bahwa peran media sebagai pembentuk pola pikir dalam hal politik bukan hal yang dianggap remeh. terbukti selama beberapa tahun lamanya, bangsa indonesia menyalahkan PKI dan merasa pembunuhan besar-besaran saat itu kepada orang-orang yang diduga PKI adalah hal yang benar. sejarah memang ditulis kepada mereka yang menang, sehingga dalam menonton film ini juga perlu melihat dari berbagai sudut pandang.