Apa manfaat peppermint oil untuk kecantikan?

Minyak tumbuhan dapat menjadi solusi bagi berbagai masalah kulit wajah. Salah satunya adalah peppermint oil. Apa manfaat peppermint oil bagi wajah?

image

Peppermint oil merupakan salah satu jenis essential oil yang memiliki segudang manfaat. Bisa digunakan untuk keperluan medis, aromaterapi, kuliner, hingga perawatan tubuh. Berikut manfaat peppermint oil dan cara menggunakannya untuk wajah:

Mengatasi Bibir Kering yang Pecah-pecah

Kamu mungkin sering menyadari betapa seringnya peppermint digunakan sebagai bahan campuran pada lip balm. Penggunaan ini bukan sekedar untuk memberikan aroma dan rasa saja pada lip balm. Peppermint memiliki kemampuan untuk menenangkan, mendinginkan, serta menyebuhkan bibir yang pecah-pecah. Tak hanya itu, minyak ini juga dapat memperlancar peredaran darah pada bibir sehingga kamu bisa mendapatkan bibir yang merah alami. kamu bisa merasakan manfaat ini dengan membuat DIY lip balm menggunakan 3 sendok makan cocoa butter, 2 sendok makan minyak kelapa, dan 12 tetes peppermint essential oil. Campurkan hingga merata, lalu aplikasikan pada bibir setiap dibutuhkan.

Melawan Kulit Berminyak

Meskipun dapat digunakan pada jenis kulit apapun, peppermint oil akan sangat berguna untuk kamu yang memiliki kulit wajah berminyak atau kombinasi. Peppermint memiliki kandungan astringent yang berfungsi mengecilkan pori-pori dan mengurangi produksi sebum berlebih pada kulit. Untuk menggunakannya, kamu bisa menuangkan peppermint oil pada bola kapas, lalu usapkan perlahan pada keseluruhan wajah. Setelah itu, lanjutkan dengan penggunaan pelembap dan skin care lainnya. Manfaat ini juga dapat kamu rasakan dengan menggunakannya sebagai masker. Caranya, campurkan 5 ml peppermint oil yang sudah diencerkan, dengan parutan timun dan green clay. Aduk hingga merata dan gunakan pada wajah sebanyak 2 kali seminggu.

Mencegah Jerawat

Punya masalah dengan jerawat yang membandel? Peppermint oil dapat menjadi salah satu solusinya! Peppermint memiliki kandungan antiseptik yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu, minyak ini juga dapat mengurangi peradangan pada jerawat, mengontrol sebum pada kulit, dan mengecilkan jerawat. kamu bisa mengaplikasikannya secara langsung pada area yang berjerawat atau membuat campuran menggunakan aloe vera gel. Caranya adalah dengan mencampurkan seperempat cangkir aloe vera gel, 3 tetes peppermint oil, dan 3 tetes tea tree oil, aduk hingga merata lalu aplikasikan pada wajah.

Sumber: