Apa manfaat penting yang dapat diperoleh dari penerapan analisis Big Data dalam suatu organisasi atau perusahaan?

Seiring dengan bertumbuhnya pengguna perangkat mobile dan data internet, akan sangat mempengaruhi perkembangan volume dan jenis data yang terus meningkat secara signifikan di dunia maya. Berbagai jenis data, mulai data yang berupa teks, gambar, foto, video hingga bentuk data lainnya membanjiri sistem komputasi. Jumlah data yang telah dibuat dan disimpan pada tingkat global saat ini hampir tak terbayangkan jumlahnya. Tentunya hal ini perlu jalan keluar. Kemunculan Big Data memang dianggap solusi dari permasalahan ini. Big Data adalah sebuah teknologi yang memungkinan proses pengolahan, penyimpanan, dan analisis data dalam berbagai bentuk maupun format yang berjumlah besar dan memiliki pertambahan data yang sangat cepat.

Pentingnya big data tidak berkisar pada berapa data yang dimiliki perusahaan, namun juga bagaimana perusahaan menggunakan data yang telah dikumpulkan. Setiap perusahaan menggunakan data dengan caranya sendiri. Semakin efisien sebuah perusahaan menggunakan datanya, semakin bermanfaat pula untuk perusahaan. Perusahaan dapat mengambil data dari sumber manapun dan menganalisisnya untuk menemukan jawaban yang memungkinkan. Hal - hal yang menjadi keuntungan bila perusahaan memiliki big data, seperti :

  1. Penghematan Biaya. Beberapa alat big data seperti berbasis Cloud dapat membawa keuntungan biaya bagi bisnis bila jumlah data disimpan semakin banyak, dan alat ini juga membantu mengidentifikasi cara bisnis yang lebih efisien.

  2. Mempercepat proses atau efektif. Kecepatan alat yang tinggi dalam memori dapat dengan mudah mengidentifikasi sumber data baru yang membantu bisnis menganalisis data dengan cepat dan membuat keputusan cepat berdasarkan pembelajaran.

  3. Dapat mengembangan produk baru. Dengan mengetahui kecenderungan kebutuhan dan kepuasan pelanggan melalui analytics engine. Anda bisa menciptakan produk sesuai keinginan konsumen.

  4. Dapat memahami kondisi pasar. Dengan menganalisa big data. Anda bisa mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai kondisi pasar saat ini. Misalnya, dengan menganalisis perilaku pembelian konsumen, perusahaan dapat mengetahui produk yang paling banyak terjual dan menghasilkan produk sesuai tren ini. Dengan ini, ia bisa mendahului pesaingnya.

  5. Mengkontrol reputasi online. Alat data yang besar bisa melakukan analisis secara kompleks. Karena itu, Anda bisa mendapatkan umpan balik (feedback) bagaimana konsumen atau pelanggan yang mereka inginkan dari kita. Jika Anda ingin memantau dan meningkatkan kehadiran bisnis Anda secara online, maka, alat seperti big data dapat membantu semua hal ini.

Penggunaan Big Data semakin umum akhir-akhir ini oleh perusahaan untuk mengungguli viral/ saingan mereka. Di sebagian besar industri, pesaing yang ada dan pendatang baru sama-sama akan menggunakan strategi yang dihasilkan dari data yang dianalisis untuk bersaing, berinovasi dan menangkap nilai.

Big Data membantu organisasi menciptakan peluang baru dan jenis perusahaan baru yang dapat menggabungkan dan menganalisis data industri. Perusahaan-perusahaan ini memiliki banyak informasi tentang produk dan layanan, pembeli dan pemasok, preferensi konsumen yang dapat ditangkap dan dianalisis.

Ini juga memahami dan mengoptimalkan proses bisnis. Perusahaan pembeli big data dapat dengan mudah mengoptimalkan stok mereka berdasarkan model prediksi yang dihasilkan dari data media sosial, tren penelusuran web, dan prakiraan cuaca.

Source :
https://www.newgenapps.com/blog/importance-benefits-competitive-advantage-big-data (dikutip pada 24 September 2017)

Analisis Big Data dan Manfaatnya

Pengertian analisis data yaitu proses meneliti data untuk mengetahui pola tersembunyi, korelasi yang belum diketahui, dan informasi berguna lainnya. Sedangkan, Big Data merupakan sebuah istilah untuk menggambarkan data set yang besar baik Structured, Semi-Structured maupun Unstructured data.

Big Data juga bisa didefinisikan sebagai berikut:

  1. Volume berarti data set yang disimpan dalam jumlah yang besar
  2. Velocity berarti ada kebutuhan mengakses data set besar tersebut dengan cepat
  3. Variety berarti format data yang semakin bervariasi saat ini.

Format Data dibagi menjadi 3 jenis, yaitu:

  1. Structured data seperti relational database (RDBMS)
  2. Semi-Structured data seperti XML, JSON
  3. Unstructured data seperti Dokumen, metadata, video, gambar, audio, file teks, ebooks, email message, social media, jurnal dll

Dengan penjelasan diatas, dapat disimpulkan pengertian dari Analisis Big Data adalah proses meneliti, mengolah data set besar (Big Data) untuk mengetahui pola tersembunyi, korelasi yang tidak diketahui, tren pasar, preferensi pelanggan dan informasi bisnis berguna lainnya.

Dan mengapa analisis big data penting untuk suatu organisasi atau perusahaan? Karena, Analisis Big Data membantu organisasi memanfaatkan data dan menggunakannya untuk mengidentifikasi peluang-peluang baru. Yang pada gilirannya menyebabkan bisnis bergerak lebih cerdas dan cepat karena didukung oleh operasional yang lebih efisien, yang pada akhirnya mendatangkan keuntungan yang lebih tinggi dan pelanggan lebih senang tentunya.

Beberapa manfaat penting dari analisis big data yaitu:

  1. Penghematan biaya, Teknologi analisis Big data seperti hadoop dan analisis berbasis cloud membawa pengurangan biaya yang signifikan dalam hal untuk menyimpan data set dalam jumlah besar, selain mereka dapat mengidentifikasi cara-cara yang lebih efisien dalam melakukan bisnis.
  2. Lebih cepat dan baik dalam pengambilan keputusan, dengan kecepatan teknologi big data seperti Hadoop dalam melakukan analisis dengan dikombinasikan dengan kemampuan untuk menganalisis berbagai macam sumber data baru, membuat bisnis mampu menganalisis informasi dengan cepat dan membuat keputusan berdasarkan hasil analisis tersebut.
  3. Melahirkan produk dan pelayanan baru, dengan kemampuan mengukur kebutuhan dan kepuasan pelanggan mendatangkan keunggulan dari bisnis untuk menciptakan produk dan layanan baru yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan dari pelanggan.

Solusi big data yang ditawarkan pada umumnya menggunakan kerangka kerja (framework) Hadoop dan beberapa tools pendukung lainnya seperti HBase, Pig, Hive, Mapreduce, Oozie, Zookeeper, HCatalog, Avro, Sqoop yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan, mengelola dan menganalisa data dari berbagai sumber, di mana data tersebut dapat diakses oleh para analis bisnis, data scientist dan pengguna/praktisi TI. Solusi big data tersebut adapula yang secara arsitektur dikombinasikan dengan teknologi yang sudah biasa untuk keperluan analisis dan visualisasi data, seperti Data Warehouse dan Business Intellegent (BI). Dengan menggunakan tools visualisasi tersebut akan lebih menarik dan mudah dalam penyediaan reporting dari hasil analisis.

Jenis metode atau teknik dalam melakukan analisis big data yaitu :

  1. Analisis Teks, merupakan proses menganalisis data teks (unstructured-data) seperti blog, email, forum, tweet, forum dan bentuk lainnya.
  2. Data Mining, merupakan suatu proses menemukan hubungan yang berarti, pola, dan kecenderungan dari sekumpulan besar data dengan menggunakan teknik pengenalan pola seperti statisik dan matematika.
  3. Machine Learning.
  4. Analisis Prediksi (Predictive Analytics).
  5. Analisis Statistik.
  6. NLP (Natural Language Processing).

Sumber:
(http://noviardisyamsuir.blogspot.co.id/2016/04/analisis-big-data.html)