Apa manfaat minyak kemiri bagi rambut?

Manfaat minyak kemiri untuk rambut sehat dan terawat merupakan alternatif perawatan rambut yang paling populer di masyarakat saat ini. Minyak kemiri adalah minyak yang dihasilkan dari ekstrak biji kemiri. Apa manfaat minyak kemiri bagi rambut?

  1. Menyuburkan Rambut Pada Bayi dan Anak-Anak Hingga Orang Dewasa
    Kondisi rambut seseorang dapat terlihat sejak masih bayi dan kanak-kanak. Bayi pada umumnya akan terlihat apakah memiliki rambut yang tebal atau tidak. Selain itu, pada masa bayi dan kanak-kanak orang tua akan dengan mudah mengetahui apakah rambut anaknya cukup lebat dan tidak berwarna pirang. Jika ternyata rambut bayi tipis dan berwarna kemerahan, orang tua biasanya akan memilih minyak kemiri untuk menyuburkan rambut bayinya. Hal ini sangat mungkin dilakukan karna minyak kemiri memang aman digunakan untuk berbagai usia, bahkan bayi sekalipun.

  2. Menumbuhkan Rambut yang Botak
    Rambut botak merupakan salah satu keadaan yang disebabkan oleh banyaknya akar rambut yang mati dan tidak menumbuhkan rambut lagi. Minyak kemiri merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk menyuburkan dan menutrisi kembali akar-akar mati tersebut. Anda cukup mengoleskan minyak kemiri pada bagian kepala yang botak dan tidak berapa lama anda akan menemukan rambut anda akan mulai tumbuh kembali. Anda harus mengoleskannya dengan rutin, sehingga dalam hitungan minggu anda sudah dapat menutup kembali kebotakan di kepala anda.

  3. Mencegah Kerontokan Rambut
    Selain bemanfaat untuk menyuburkan kembali akar rambut yang sudah mati, minyak kemiri juga dapat menguatkan akar-akar rambut yang masih hidup. Hal ini dapat mencegah kerontokan rambut di usia dini. Penggunaan produk produk pewarnaan rambut misalnya akan dapat membahayakan akar rambut, sehingga rambut menjadi mudah rontok. Akan tetapi, minyak kemiri dapat mengatasi masalah tersebut. Minyak kemiri dapat mencegah kerontokan rambut dengan terus menutrisi akar rambut.

  4. Menguatkan Akar Rambut untuk Pemulihan Rambut Rontok
    Minyak kemiri juga dapat menjadi alternatif pengobatan untuk memulihkan rambut yang rontok. Rambut rontok adalah awal dari kebotakan dini yang dapat mengancam siapa saja. Seperti diketahui, produk produk perawatan rambut rontok cukup mahal harganya. Padahal anda dapat melakukan perawatan dengan manfaat yang sama menggunakan minyak kemiri. Manfaat minyak kemiri untuk perawatan rambut yang satu ini mampu menutrisi kembali akar-akar rambut yang rusak dan menguatkannya kembali. Hal ini kemudian dapat mengurangi resiko rambut yang rontok terus menerus.

  5. Mencegah Munculnya Ketombe
    Ketombe merupakan salah satu contoh masalah rambut yang disebabkan oleh jamur pada kulit kepala. Keadaan kulit kepala yang berketombe akan sangat mengganggu aktifitas anda. Kulit kepala anda akan terasa gatal dan juga akan muncul butiran ketombe berwarna putih yang dapat mengganggu penampilan anda. Minyak kemiri memiliki kandungan yang dapat mencegah munculnya jamur pada kulit kepala. Hal ini dapat dilakukan dengan rutin mengoleskan minyak kemiri pada bagian kulit kepala anda, sehingga ketombe pun tidak dapat tumbuh dan merusak kulit kepala anda.

  6. Menghilangkan Ketombe Pada Kulit Kepala
    Selain pencegahan untuk munculnya ketombe, minyak kemiri juga dapat digunakan untuk membersihkan ketombe dari kulit kepala anda. Seperti telah dijelaskan, ketombe sangatlah mengganggu bagi manusia. Oleh karena itu, penanggulangan segera bagi kulit kepala berketombe harus langsung dilakukan. Jika tidak, maka ketombe akan terus menyebar hingga ke seluruh permukaan kulit kepala. Anda dapat menghilangkan ketombe dengan mengoleskan minyak kemiri ke bagian kulit kepala secara rutin. Lakukan sebanyak dua kali setiap harinya.

  7. Menumbuhkan Kumis, Jenggot, atau Jambang
    Pria seringkali memiliki keinginan untuk memiliki kumis, jenggot, dan/ ataupun jambang yang lebat. Sayangnya, menumbuhkan kumis, jenggot, dan jambang tidaklah semudah kelihatannya. Perlu dilakukan perawatan dan tentunya penutrisian akara-akar rambut tersebut untuk dapat tumbuh dengan lebat. Minyak kemiri adalah salah satu cara yang dapat anda jadikan pilihan untuk melakukan perawatan kumis, jenggot, dan jambang. Anda cukup mengoleskan minyak kemiri secara rutin di bagian yang anda inginkan. Ha ini kemudian dapat menutrisi akar rambut di bagian-bagian tersebut untuk tumbuh lebih subur.

  8. Membuat Alis Mata dan Bulu Mata Menjadi Lebih Tebal
    Wanita lain lagi keingginannya, biasanya wanita ingin memiiki alis dan bulu mata yang lebat dan panjang. Berbagai cara dilakukan oleh para wanita untuk mendapatkan alis dan bulu mata untuk melengkapi kecantikannya. Akan tetapi, cara alami yang sebenarnya dapat menebalkan alis dan bulu mata adalah dengan menggunakan minyak kemiri. Cukup dengan rutin menggunakannya pada bagian alis dan bulu mata anda, maka anda akan dengan mudah mendapatkan hasil yang anda inginkan. Manfaat minyak kemiri ini sangat alami, aman dan tidak menimbulkan resiko yang dapat membahayakan kesehatan anda.

  9. Menghilangkan Kutu Pada Rambut
    Salah satu kandungan minyak kemiri adalah miristat. Zat ini memiliki kemampuan yang sama dengan obat penghilang kutu pada rambut. Sehingga bagi anda yang menderita serangan kutu pada rambut anda, penggunaan minyak kemiri juga dapat membantu anda. Minyak kemiri ini akan mematikan kutu rambut dan membuatnya tidak bersarang lagi di kepala anda. Luka-luka pada kulit kepala yang disebabkan oleh kutu rambut pun dapat segera hilang. Rambut anda pun akan kembali sehat dan bersih.

  10. Menghitamkan Kembali Rambut Beruban
    Memasuki usia yang semakin bertambah dan beban pikiran yang cukup banyak dapat membuat uban muncul dalam jumlah banyak dan dalam waktu yang singkat. Keadaan ini membuat beberapa cara menghitamkan kembali rambut beruban menjadi pilihan untuk dilakukan. Selain dengan mewarnai rambut dengan pewarna, terdapat cara alami untuk mengembalikan warna rambut anda yang beruban. Minyak kemiri adalah salah satu cara alami tersebut. Minyak kemiri populer karena kemampuan memberikan warna hitam alami pada rambut anda, bahkan untuk rambut yang telah beruban.

  11. Menghitamkan Rambut Secara Alami
    Seperti telah dijelaskan sebelumnya, minyak kemiri memiliki kemampuan untuk menghitamkan rambut secara alami. Hal ini tidak berlaku hanya untuk rambut beruban saja. Bagi anda yang memiliki rambut asli berwarna kemerahan, atau mungkin anak anda yang memiliki rambut kemerahan, maka anda dapat mengoleskan minyak kemiri pada rambut dengan rutin. Hasil dari penggunaan minyak kemiri adalah dapat menghitamkan rambut anda perlahan-lahan secara alami.

  12. Melembutkan Rambut yang Kering
    Rambut yang sering menggunakan produk pewarna juga produk meluruskan atau mengkeritingkan rambut dapat berakibat keringnya rambut. Rambut yang kering akan membuat keseluruhan rambut menjadi tidak segar dan sehat dilihat. Rambut kering ini pun dapat menyebabkan rambut mudah berantakan dan sulit diatur. Minyak kemiri dapat mengatasi permasalahan tersebut. Penggunaan minyak kemiri secara rutin dapat menghasilkan rambut yang lembut dan terawat. Rambut anda pun tidak lagi kering dan mudah kusut, melainkan menjadi lebih mudah diatur.

  13. Membuat Rambut Menjadi Lebih Tebal
    Minyak kemiri juga sangat bermanfaat untuk menambah volume dari rambut anda. Seperti diketahui tidak semua orang terlahir dengan rambut yang bervolume banyak dan tebal. Banyak orang yang memiliki rambut tipis dan sangat sedikit kuantitasnya. Hal ini dapat menjadi masalah bagi kepercayaan diri seseorang. Oleh karena itu, penggunaan minyak kemiri dapat membantu permasalahan tersebut. Minyak kemiri dapat berperan sebagai pupuk dan menyuburkan penumbuhan rambut sehingga dapat semakin bertambah tebal.

  14. Membantu Proses Meluruskan Rambut Secara Alami
    Penggunaan minyak kemiri pada rambut setiap habis keramas diketahui dapat meluruskan rambut anda secara alami. Cara meluruskan rambut ini dapat dipilih bagi anda yang tidak ingin rambut anda rusak akibat proses pelurusan rambut dengan alat-alat kecantikan. Proses pelurusan rambut dengan minyak kemiri ini sangat efektif. Cara penggunaannya harus anda lakukan ketika rambut baru saja dikeramaskan. Oleskan minyak kemiri dengan cara menariknya dari ujung akar hingga ke ujung rambut. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  15. Membantu Proses Memanjangkan Rambut Dengan Cepat
    Minyak kemiri merupakan pupuk bagi rambut anda. Selain membantu menumbuhkan rambut agar lebih tebal, minyak kemiri juga dapat digunakan untuk membantu rambut menjadi lebih cepat panjang. Bagi anda para wanita yang ingin memiliki rambut yang cepat panjang dapat menggunakan minyak kemiri secara rutin. Pastikan untuk mengoleskannya ke kulit kepala dan seluruh bagian rambut secara rutin. Lakukan juga pijatan perlahan pada bagian kulit kepala untuk memastikan minya kemiri menyerap dengan maksimal.

  16. Menguatkan Akar Rambut Agar Menjadi Lebih Kuat
    Akar rambut yang tidak sehat dan kuat merupakan sumber segala masalah pada rambut anda. Oleh karena itu, kunci untuk mendapatkan rambut yang sehat dan terawat adalah dengan memiliki rambut dengan akar yang kuat. Salah satu manfaat minyak kemiri ini adalah menguatkan akar rambut. Penggunaannya yang rutin sangat disarankan walau anda tidak memiliki masalah rambut yang serius. Penggunaan minyak kemiri secara rutin dapat dianggap sebagai cara perawatan alami dan mudah bagi rambut anda.

  17. Menutrisi Kulit Kepala Agar Sehat dan Terawat
    Kulit kepala dan rambut anda sama seperti bagian tubuh anda yang lain. Seluruh bagian tubuh memerlukan vitamin untuk menutrisinya. Penggunaan minyak kemiri pada kulit kepala anda adalah salah satu cara menutrisi kulit kepala dengan vitamin. Seperti diketahui, minyak kemiri mengandung vitamin B1 yang sangat dibutuhkan oleh kulit kepala dan rambut anda.

  18. Menjaga Kesehatan Saraf di Sekitar Kulit Rambut
    Kesehatan saraf pada seluruh bagian kepala anda juga menjadi penting untuk diperhatikan. Perawatan dengan menggunakan minyak kemiri memungkinkan untuk membuat saraf menjadi lebih rileks dan tetap terjaga kesehatannya. Oleh karena itu, penggunaan minyak kemiri secara merata di seluruh bagian kulit kepala sangatlah disarankan.

Sumber: