Apa manfaat Minyak Hati Ikan Kod untuk kesehatan anak ?

Minyak hati ikan kod merupakan minyak yang diekstraksi dari hati ikan kod. Spesies ikan kod yang terkenal adalah ikan kod Atlantik dan ikan kod Pasifik. Selama ini, minyak hati ikan kod telah dipercaya dapat meningkatkan kesehatan anak karena kandungan nutrisinya yang tinggi. Lalu Apa manfaat Minyak Hati Ikan Kod untuk kesehatan anak ?

1. Mencegah rakitis (pelunakan tulang)
Rakitis adalah kelainan umum yang terjadi pada tulang. Pada anak-anak, pelunakan tulang terjadi karena gangguan metabolisme atau kekurangan vitamin D, magnesium, fosfor atau kalsium.

Rakitis adalah salah satu penyakit anak yang paling sering terjadi di banyak negara berkembang, termasuk Indonesia. Kelainan tulang ini berpotensi menyebabkan:

  • Tulang kaki bengkok membentuk o atau x
  • Penebalan pada pergelangan tangan dan/atau kaki
  • Tulang dada membusung
    Sebelum ditemukannya minyak hati ikan Kod, banyak anak menderita cacat tulang. Begitu para orangtua mulai memasukkannya suplemen ini dalam rutinitas sehari-hari anak mereka, kejadian rakitis turun drastis.

2. Menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 1
Diabetes tipe 1 adalah penyakit autoimun yang biasanya terjadi pada anak-anak, namun penyebab pastinya tidak diketahui. Sebuah penelitian yang dilakukan di Norwegia telah menunjukkan bahwa mengonsumsi minyak hati ikan Kod pada tahun pertama kehidupan dapat menurunkan risiko diabetes tipe 1.

3. Mencegah Infeksi
Kandungan vitamin D yang tinggi dalam minyak ikan Kod dapat mendorong sistem kekebalan tubuh yang lebih baik. Sehingga anak tidak rentan demam dan flu.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di Journal of American College of Nutrition, suplemen minyak ikan cod juga menurunkan tingkat penyakit pernafasan atas sebesar 36 sampai 58 persen.

4. Menjaga kesehatan mata
Minyak hati ikan Kod kaya akan vitamin A dan D. Kedua vitamin ini sangat penting untuk menjaga penglihatan sehat dalam jangka panjang.

Selain untuk menjaga penglihatan normal, vitamin A juga sangat penting sebagai antioksidan yang dapat mencegah kerusakan mata yang mengarah ke glaukoma.

Glaukoma adalah penyakit mata yang bisa merusak saraf optik. Hal ini dapat menyebabkan berkurangnya kemampuan penglihatan atau bahkan kebutaan.

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi dari minyak hati Kod dapat membantu memperbaiki aliran darah ke mata, sehingga menjaga agar penglihatan anak Anda tetap kuat dan sehat untuk waktu yang lama.

5. Mengurangi Depresi
Minyak hati ikan Kod kaya akan asam lemak omega-3, yang telah terbukti mengurangi gejala depresi pada orang-orang yang menderita depresi berat.

Sebuah studi besar di lebih dari 20.000 orang di Norwegia mengungkapkan bahwa orang dewasa yang secara teratur mengonsumsi minyak ikan Kod, 30 persen lebih kecil memiliki gejala depresi daripada mereka yang tidak.

Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dapat memperbaiki keseluruhan mood dan fungsi otak.