Apa manfaat mencuci wajah menggunakan air teh?

Ternyata selain nikmat untuk diminum, teh memiliki banyak manfaat dari sisi kesehatan maupun kecantikan.

Berikut beberapa manfaat dari mencuci muka dengan air teh:

  • Membersihkan
    Manfaat pertama mencuci muka dengan teh tentunya untuk membersihkan muka dari kotoran, debu, dan bakteri yang menyumbat pori-pori pada kulit wajah. Teh memiliki unsur anti bakteri yang mampu membantu kurangi efek negatif bakteri dan kotoran yang menempel pada kulit wajah sehingga membuatnya lebih sehat.

  • Mencerahkan
    Teh pada dasarnya mengandung vitamin E yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Vitamin E ini akan tetap ada meskipun teh sudah terbilang basi. Bukan hanya vitamin E tapi juga vitamin C yang terkandung pada teh mencapai 508 kali lebih banyak dari yang ada pada lemon. Nah, kedua vitamin ini memiliki khasiat menjaga elastisitas kulit serta dapat mencerahkan kulit.

  • Menghilangkan Jerawat
    Pada air teh terkandung unsur anti inflamasi, anti bakteri, serta anti septik yang sangat efektif basmi bakteri penyebab jerawat. Bukan hanya itu, teh juga bisa mengurangi jumlah sebum yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat serta anti inflamasi pada teh juga dapat membantu meringankan peradangan yang terjadi akibat jerawat.

  • Mengatasi Kantung Mata
    Kantung mata dapat terbentuk karena berbagai faktor seperti kelelahan dan kurang tidur. Kantung mata ini juga dikenal dengan mata panda karena adanya lingkaran atau kantung hitam di bagian bawah mata. Untuk mengatasi masalah ini Anda dapat mencuci muka dengan air teh bahkan menjadikan teh sebagai masker atau kompres.

  • Efek Menyejukkan
    Seperti yang telah disebutkan di atas, teh mengandung unsur anti inflamasi. Unsur inilah yang memberi efek menyejukkan pada wajah.

Sumber: