Apa manfaat Meditasi Zen bagi kesehatan mental dan fisik?


Ada istilah yang disebut dengan mindfulness. Hal tersebut merupakan manfaat meditasi Zen. Meditasi ini berasal dari Mahayana Buddism dengan tujuan mendapatkan pencerahan melalui intuisi, lewat meditasi. Apa saja manfaat Meditasi Zen bagi kesehatan mental dan fisik?

  1. Mengurangi rasa bersalah
    Perasaan ini dibentuk dalam diri kita semenjak kecil, tujuannya adalah untuk menjauhkan diri kita dari perilaku-perilaku yang dianggap tidak baik. Namun, terkadang perasaan bersalah tersebut terbentuk sangat kuat, sehingga kita sering menyalahkan diri sendiri jika membuat kecewa orang lain, atau diri sendiri. Latihan meditasi dapat membuat Anda fokus dan hidup hanya pada saat ini. Melatih untuk berpikir, apa pun kesalahan Anda di masa lalu, itu adalah menjadi bagian diri di masa lalu. Sedangkan, Anda di masa kini bukanlah Anda di masa lalu.

  2. Memunculkan ketenangan
    Latihan pernapasan tentu akan membuat kita menjadi rileks. Mungkin, pikiran Anda diliputi oleh kecemasan akan rencana-rencana di masa depan, rasa lelah dari kegiatan yang terlalu padat, dan kekhawatiran tentang hal-hal yang sebenarnya tidak perlu. Pikiran pun menjadi ramai, dan tidak terkendali. Berpikir secara berlebihan dapat menyebabkan Anda menjadi stres. Latihan pernapasan diperlukan agar mendapatkan ketenangan. Memang pikiran ‘liar’ itu akan tetap ada, tapi dengan latihan pernapasan, Anda bisa mengendalikan pikiran-pikiran tersebut agar fokus dan berkonsentrasi penuh pada satu hal. Cobalah latihan pernapasan setiap kali pikiran Anda mulai tidak terkendali.

  3. Membantu menentukan prioritas
    Seperti yang sudah dijelaskan di atas, manfaat dari meditasi adalah membantu mengendalikan arah pikiran, membuat Anda fokus. Hal ini juga dikuatkan oleh penelitian yang dipublikasikan di Psychological Science pada tahun 2010. Anda pun akan lebih jernih dalam membuat prioritas. Hal ini untuk menghindari rasa gelisah dan khawatir ketika Anda tidak mencapai sesuatu. Membuat prioritas dapat membuat Anda fokus untuk mencapai sesuatu setiap harinya.

  4. Meningkatkan kualitas kehidupan seks Anda
    Penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Psychosomatic Medicine pada 2011, yang dikutip Livescience, menemukan bahwa perempuan yang melakukan latihan meditasi dapat meningkatkan pengalaman seksualnya. Sering kali perempuan tidak hadir utuh secara mental saat melakukan hubungan seks, banyak kecemasan yang datang menghantui, seperti bagaimana respon pasangan, atau cemas akan bentuk tubuhnya. Sadar seutuhnya di saat seks akan mampu mengeluarkan pikiran kecemasan tersebut dari dalam otak, sehingga pengalaman seksualnya pun bisa membaik.