Apa manfaat Marketing Information System bagi manajer pemasaran?

Apa itu marketing information system dan manfaatnya bagi manajer pemasaran?

Setiap organisasi harus memiliki alur informasi kepada manajer pemasaran. Perusahaan kompetitif bahwa kebutuhan informasi dan desain marketing information system dapat membantu manajer mereka dalam memperoleh informasi. Marketing information system (MIS) terdiri dari orang, peralatan dan prosedur untuk mengumpulkan, mengurutkan, menganalisa, mengevaluasi dan mendistribusikan informasi yang dibutuhkan dengan tepat waktu serta akurat untuk memutuskan keputusan pemasaran.

Untuk membuat analisis, perencanaan, implementasi dan kontrol tanggung jawab, manajer pemasaran butuh informasi tentang pengembangan dalam lingkungan pemasaran. Tugas MIS adalah untuk menilai kebutuhan informasi manajer, mengembangkan informasi yang dibutuhkan dan mendistribusikan informasi dengan tepat waktu. Informasi dikembangkan melalui laporan perusahaan internal, aktivitas pemasaran, riset pasar dan analisis pendukung keputusan pemasaran.

MIS harus bisa merepresentasikan informasi silang antar manajer di perusahaan, apa yang manajer butuhkan. Pertanyaan untuk mengetahui kebutuhan informasi bagi manajer dapat berupa:

  • Apa saja keputusan yang biasa dibuat?
  • Apa saja informasi yang dibutuhkan untuk memutuskan keputusan tersebut?
  • Apa saja informasi yang biasa didapatkan?
  • Apa saja ilmu khusus yang dibutuhkan??
  • Informasi seperti apa yang dibutuhkan tapi tidak bisa Anda dapatkan saat ini?
  • Informasi apa yang Anda ingin sehari-hari?
  • Majalah dan laporan apa yang ingin Anda lihat sehari-hari?
  • Topik apa yang ingin selalu Anda informasikan?
  • Program data analisis apa yang Anda inginkan?
  • Apa empat perbaikan yang bisa dilakukan MIS yang paling membantu Anda?

Sumber