Apa manfaat konsumsi teh susu untuk kesehatan gigi?

ingin-gigi-tetap-sehat-hindari-makanan-dan-minuman-berikut-of-gambar-gigi

Siapa sih yang tidak kenal dengan minuman nikmat yang satu ini?. Ya, teh susu kini menjadi minuman favorit banyak orang terlebih variasi dari penyajian teh susu kini semakin beragam. Ada yang disajikan panas ada juga yang menyajikannya dingin lengkap dengan aneka toping yang membuatnya makin menggoda selera.

Tapi taukah Anda, teh susu selain rasanya yang nikmat ternyata juga memiliki manfaat bagi gigi. apa saja manfaatnya?

Dilansir dari Dailymail UK, teh sendiri mengandung zat tanin yakni senyawa larut dalam air yang selain membuat teh berasa pahit juga akan menodai gigi Anda. Semakin lama teh teroksidasi, maka semakin tinggi pula zat taninnya. Inilah yang menyebabkan mengapa konsumsi teh kerap menjadi pemicu warna gigi menjadi kuning atau kusam. Sementara susu memiliki kandungan kasein yang mampu mengikat zat tanin tersebut dan mencegah gigi menjadi ternoda.

Hal ini terbukti dari penelitian yang telah dilakukan oleh Dr Ava Chow dari University of Alberta’s School of Dentistry. Ia telah melakukan percobaan menggunakan gigi manusia dalam kondisi berbeda-beda. Ada gigi yang ditambal, gigi yang mengalami tanda-tanda kerusakan dan gigi yang sudah rusak. Ava menganalisa warna masing-masing gigi dan merekamnya, sebelum melalui proses menodai gigi. Gigi tersebut dimasukkan ke dalam dua jenis campuran. Pertama cairan teh murni, dan kedua campuran teh dengan susu. Gigi-gigi percobaan direndam selama 24 jam dalam suhu 37 derajat Celcius. Setelah 24 jam, gigi dikeluarkan dan diamati perubahan warnanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kasein yang terkandung dalam susu benar-benar bisa mengurangi noda gigi akibat minum teh.

“Perubahan warna ini dibandingkan dengan perubahan warna yang terjadi jika memakai produk bleaching gigi dan lebih efektif ketimbang pasta gigi dengan kandungan pemutih,” ungkap Ava.

Namun Ava mengingatkan, anjuran mencampur susu dan teh sebaiknya disesuaikan dengan kebiasaan minum teh masing-masing orang. Sebelum menuangkan susu ke dalam teh, pahami apakah minum susu sudah menjadi kebiasaan Anda atau belum. Sebab, tak semua orang suka minum susu dan sebagian mungkin saja mengalami intoleransi laktosa (tubuh tidak memiliki enzim untuk mengolah laktosa atau gula susu, sehingga bisa mengganggu sistem pencernaan). “Walaupun menambah susu ke dalam teh menjadi fenomena budaya tertentu, tidak ada salahnya jika Anda mencobanya untuk mencegah gigi Anda dari warna kuning atau kusam. Sebab teh sendiri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh Anda seperti kandungan flavonoid di dalam teh baik untuk kesehatan jantung. Selain itu rajin minum teh juga dapat mengurangi risiko kematian mendadak akibat serangan penyakit berbahaya dalam tubuh,” lanjutnya.