Apa manfaat bubuk kunyit untuk kecantikan?

Bubuk kunyit adalah salah satu bahan dapur yang sering digunakan pada masakan Indonesia. Namun, ternyata bubuk kunyit juga populer dalam dunia kecantikan. Apa manfaat bubuk kunyit untuk kecantikan?

Beberapa manfaat dari bubuk kunyit:

Mengatasi jerawat
Bagi anda yang memiliki masalah jerawat pada wajah sebaiknya anda mencoba menggunakan masker bubuk kunyit. Di dalam kunyit terdapat kandungan antioksidan yang tinggi sehingga mampu menjaga kulit tetap sehat terhindar dari masalah jerawat.

Cara menggunakan masker bubuk kunyit ini untuk mengatasi jerawat cukup mudah yaitu anda hanya harus mencampurkan bubuk kunyit sesuai selera dan dicampurkan dengan susu atau yogurt. Bahan tersebut kemudian dicampur air dan diaduk merata. Penting untuk diperhatikan supaya adonan tidak terlalu padat juga tidak terlalu cair harus pas supaya ketika diaplikasikan di wajah lebih mudah. Setelah itu oleskan masker bubuk kunyit ke bagian wajah kecuali pada bagian mata secara merata dan diamkan selama 15 hingga 20 menit. Setelah masker wajah cukup kering kemudian bersihkan wajah menggunakan air bersih dan pastikan noda kuning tidak tertinggal di wajah anda.

Mencegah penuaan dini
Penuaan dini merupakan momok bagi wanita yang menakutkan. Tanda-tanda penuaan dini diantaranya adalah munculnya keriput, bintik hitam dan garis-garis halus di wajah. biasanya penuaan dini terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat. ini tentunya sangat tidak menyenangkan karena bisa menurunkan rasa percaya diri. Untuk membantu mencegah terjadinya penuaan dini, selain menerapkan gaya hidup sehat anda juga sebaiknya menggunakan masker bubuk kunyit.

Masker bubuk kunyit yang dipadukan dengan bahan lainnya seperti susu, tepung beras dan tomat merupakan kombinasi yang pas untuk wajah anda. Cara membuatnya sangatlah mudah hanya campurkan 2 sendok makan bubuk kunyit dan 1 sendok makan masing-masing bahan lainnya. setelah itu diberi air dan aduk hingga merata. Oleskan ke area wajah secara merata kecuali bagian mata yang bisa anda tutupi dengan mentimun. Setelah masker kering, langsung saja anda bilas dengan menggunakan air bersih.

Anti pigmentasi
Pigmentasi di kulit terutama kulit wajah juga merupakan salah satu hal yang banyak ditakutkan. Menggunakan masker bubuk kunyit secara rutin dapat membantu mencegah pigmentasi secara alami tanpa bahan kimia. Hal ini dikarenakan kandungan antiseptic dan antiinflamasi yang terdapat di dalam kunyit. Untuk menggunakannya juga tidak jauh berbeda dengan cara membuat selanjutnya namun kali ini campuran yang disarankan adalah jus mentimun.

Selain menggunakan masker dari bubuk kunyit, sangat penting bagi anda untuk menjalani gaya hidup sehat dan minum air putih secukupnya supaya hasilnya lebih maksimal. suasana hati yang baik juga mampu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Sumber:

  1. Mengobati jerawat
    Untuk mengatasi jerawat, Anda bisa membuat masker wajah dari kunyit. Caranya campurkan satu sendok makan bubuk kunyit atau 3 sendok makan air perasan kunyit segar. Campurkan dengan sedikit yogurt dan madu. Aduk merata hingga menjadi pasta kental. Pakailah masker wajah ini selama 15 menit. Jangan terlalu lama, karena kunyit juga mengandung pewarna kuat yang sulit hilang. Setelah itu cuci wajah dengan air bersih.

  2. Mengatasi kulit berminyak
    Kunyit dapat mengontrol kelebihan produksi minyak dan sebum di pori-pori Anda. Anda bisa membuat masker untuk kulit berminyak dengan cara mencampurkan 2 sendok makan bubuk kunyit dengan 3 sendok makan ari jeruk lemon atau jeruk nipis matang. Pakailah masker tersebut di wajah Anda. Biarkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat hingga bersih.

  3. Menyamarkan kerutan dan mencegah penuaan dini
    Kandungan nutrisi dalam kunyit juga bermanfaat untuk mengatasi kerutan serta memperlambat proses penuaan. Untuk mendapatkan efek anti penuaan dari kunyit, buatlah masker yang terbuat dari 2 sendok makan bubuk kunyit, 1 sendok makan tepung beras, 1 sendok makan susu, dan 1 sendok makan jus tomat. Pakailah masker tersebut di wajah dan leher. Diamkan selama 20 menit kemudian basuh wajah dengan air dingin.

sumber: