Apa manfaat Asam azelat bagi kulit?

Asam azelat adalah sebuah komponen organik yang bisa ditemui di gandum dan barley. Ternyata, asam azelat juga ditemukan dalam produk skincare. Apa manfaat Asam azelat bagi kulit?

Berbeda dengan AHA (glycolic acid) dan BHA (salicylic acid) yang memang banyak dikenal bisa membantu kulit berjerawat, azelaic acid masih belum terlalu populer sebagai mass products karena masih dijual melalui resep untuk pasien rosacea. Karena itu, banyak yang menggunakan bahan azelaic acid untuk mengurangi kemerahan di kulit. Dikenal dengan fungsi anti-bacterial dan anti-inflammation-nya, azelaic acid dianggap sebagai produk eksfoliasi alternatif yang nggak hanya bisa mengurangi jerawat, tetapi juga memudarkan bekasnya.

Sebagai asam yang diambil dari biji-bijian gandum, azelaic acid adalah natural exfoliator yang cara kerjanya adalah mengontrol produksi sel kulit supaya nggak menumpuk dan menyumbat pori-pori. Sama seperti benzoyl peroxide, azelaic acid juga membantu membunuh bakteri p.acnes penyebab jerawat, tapi dengan minimal efek samping kulit kering atau mengelupas seperti yang biasa dialami dengan benzoyl peroxide.

Dengan pemakaian teratur, azelaic acid juga bisa membantu menyamarkan noda bekas jerawat atau PIH dengan cara menargetkan produksi pigmen berlebihan tanpa mengganggu produksi pigmen normal di kulit. Azelaic acid bisa digunakan untuk semua kulit, bahkan kulit sensitif sekalipun.

Sumber: