Apa manfaat adanya blockchain?

image
Blockchain biasa disebut cryptocurrency atau mata uang kripto. Bitcoin adalah pengguna pertama teknologi blockchian yang menandakan bahwa teknologi ini dimanfaatkan pada bidang finansial. Akan tetapi pemanfaatan blockchain tidak sebatas untuk finansial karena blockchain berfungsi untuk merekam data dan transaksi mini bisa digunakan untuk banyak sektor seperti pencatatan proses transaksi, dokumentasi, bahkan pemungutan suara.

Pada sektor finansial, pemanfaatan blockchain juga sebenarnya tak hanya sekadar soal transaksi mata uang kripto. Mengutip dailysocial, Direktur Eksekutif Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI), Eny Panggabean mengungkapkan, pemanfaatan blockchain dalam dunia keuangan sangatlah luas.

Blockchain dapat diaplikasikan untuk menunjang pembayaran lintas negara dan untuk proses remitansi (dengan menggunakan private blockchain), mencatan kepemilikan tanah/properti, merekap transaksi saham dan obligasi.Selain itu, teknologi blockchain bisa dimanfaatkan untuk industri musik. Ide ini dicetuskan oleh Spotify. Sebagai buntutnya, pada April 2017 Spotify mengakuisisi Mediachain Labs. Tujuannya tak lain dari menerapkan blockchain yang diusung Mediachain untuk membuat sistem penghitungan dan pembayaran royalti musik. Blockchain yang diterapkan pada Spotify mengembangkan sistem yang bisa melacak pencipta lagu, judul lagu dan berbagai hal yang terkait dengan proses penciptaan lagu sehingga pendistribusian royalti bisa dilakukan secara tepat.

Selain itu, pemanfaatan blockchain diterapkan pada supply chain yang berfungsi untuk meningkatkan visibilitas dan dokumentasi informasi logistik. Dengan adanya blockchain, perusahaan supply chain mampu mengurangi biaya dan resiko yang timbul dari otomasi, sistem tracking yang mampu diukur serta keamanan data.

Sedangkan, e-commerce memanfaatkan blockchain untuk mengefisiensi manajemen identitas, membangun sistem pelacakan dan identifikasi keasilan produk. Hal ini dilakukan karena data yang ada tersimpan dalam blockchain dan tersinkron ke semua jaringan pengguna.

Apakah manfaat blockchain ?