Apa maksud dari kandungan PA++

image

Saat membeli sunscreen yang dibutuhkan oleh wajah beberapa akan menemui kandungan PA++ pada sunscreen. Memang disarankan untuk membeli yang ada PA ++, sebenarnya apa maksud dan manfaat dari kandungan PA++ ini?

Saat membeli sunblock di pasaran tentu pernah melihat label PA+, PA++ atau PA +++ bareng dengan kadar SPF . Biasanya produk sunblock terutama yang dari jepang mencantumkan kode ini. PA merupakan singkatam dari Protection Grade of UV A , menunjukkan kekuatan proteksi terhadap sinar UV A. Tingkat perlindungan berdasarkan reaksi Persistent Pigment Darkening (PPD) yang terjadi setelah 2-4 jam paparan sinar matahari. Semakin bayak tanda + pada PA maka proteksi terhadap sinar UV A semakin tinggi.

Grade PA berdasarkan Japan Cosmetic Industry Association adalah sebagai berikut:

  • PA+ memberi proteksi terhadap UV A dengan Persistent Pigment Darkening (PPD) antara 2 sampai 4.
  • PA++ , arti PA++ pada sunblock, memberikan proteksi sedang terhadap sinar UV A , dengan Persistent Pigment Darkening (PPD) antara 4 dan 8.
  • PA+++ memberi proteksi tertinggi terhadap sinar UV , dengan Persistent Pigment Darkening (PPD) di atas 8.

Kadang produk sunblock di pasaran tidak mencantumkan PA, untuk itu kita dapat melihat ingredient nya . Banyak produk di pasar yang diberi label “Broad Spectrum” tetapi tetap tidak memberikan perlindungan yang efektif terhadap sinar UVA. Perlindungan UVA lebih baik dicapai dengan produk yang mengandung zinc oxide. UVB dapat menyebabkan sun burn sementara UVA menyebabkan penuaan dini dan bahkan meningkatkan risiko kanker kulit. Jadi, penting untuk secara ketat menggunakan tabir surya yang melindungi dari radiasi UVA dan UVB.

Untuk mencapai perlindungan yang maksimal terhadap radiasi sinar UVA dan UVB, selalu cari tabir surya / sunblock spektrum luas yang mengandung zinc oxide dan titanium dioksida. Bahan-bahan lain yang biasa digunakan adalah oxybenzone, avobenzone dan Mexoryl. Jangan lupa ya mengoleskan sunblock minimal 20 menit sebelum keluar rumah.

Sumber: