Apa makna kalimat-kalimat yang ada dalam Adzan ?

Adzan

Azan adalah suatu pemberitahuan seorang mu’azin (orang yang azan) kepada manusia mengenai masuknya waktu salat fardhu.

Apa makna kalimat-kalimat yang ada dalam Adzan ?

Allahu Akbar

Maknanya adalah sebagai penggugah, dengan menunjukkan berbagai tanda kebesaran Allah swt. Sebagai penyadaran dan penentraman yang berkaitan dengan seruan Allahu Akbar.

Asyhadu anla ilaha illallah

Kalimat syahadat mempunyai makna untuk mengarahakan cara pandang, tujuan dan menjadi pedoman serta kekuatan hidup kita. Selain itu, diperlukannya pengulangan pengambilan sumpah untuk memastikan komitmen kita tak tergoyahkan, sehingga kita memahaminya sebagai undangan dari Allah.

Asyhadu anna Muhammadan rasulullah

Kalimat ini mengisyaratkan agar kita kenal dan selalu mengenang serta mengikuti jejak suriteladan Muhammad Rasulullah, merasakan kerahmatan dari kerasulan hingga kecintaan kita kepadanya senantiasa terus memuncak.

Hayya alash shalah

Sebagai pengingat tentang hal-hal krusial shalat dimana shalat adalah sebagai kebutuhan, inti ibadah, dan sebagai kewajiban. Kita bedah makna atau fungsi shalat kita mencakup: fungsi ibadah, zikir, penghapus dosa, tiang agama, dan fungsi pendidikan dan latihan, serta apa artinya kalau fungsi shalat itu gagal.

Hayya alal falah

Kita berharap berada pada kondisi ideal, yaitu kondisi dimana kita meraih kemenangan. Menurut hadits, maqam al-falah itu, pada iman, takwa, amal shaleh, tobat dan ishlah, yang ternyata bertabur mutiara kesuksesan yang senantiasa kita rindukan.

Kalimat-kalimat akhir.

Setelah sampai pada puncaknya, azan masih memancarkan kalimat-kalimat akhir yang penuh hikmah. Kalimat-kalimat akhir itu pada dasarnya bersifat penegasan dan kesimpulan dari kalimat-kalimat sebelumnya namun di dalamnya juga hadir nuansa lain, yang juga syarat nilai dan makna seperti pada kalimat berikut ini :

Allahu Akbar - Allahu Akbar

Pengulangan seruan Allahu Akbar-Allahu Akbar pada bagian akhir azan diucapkan satu kali tentu mempunyai nilai dan makna tersendiri. Allahu a’lam, Allah yang lebih mengetahui. Namun bila kita hubungkan dengan inti pokok panggilan, yakni ash-shalah dan al-falah, dengan segala sensifitas hati, kita dapat merasakan adanya nuansa panggilan menuju pada kedamaian bersama Allah Yang Maha Agung. Kedamaian yang bersemi dari shalat menuju harapan kemenangan bersama Allah Yang Maha Besar.

La ilaha illallah

Inilah kalimat pengunci azan dan sekaligus kalimat inti syahadat. Makna azan sebagai sebaik-baiknya syiar (simbol) Islam adalah kalimat ini : la ilaha illallah. Rasulullah saw. memberi predikat kalimat ini sebagai miftahul jannah, kunci surga dan afdlala zikr, seutama-utama zikir . Sebagai inti syahadat tauhid, kita sering lupa, sehingga perlu diingatkan berkali-kali melalui azan. Sedemikian pentingnya kalimah la ilaha illallah ini sehingga Rassulullah berpesan agar mendiktekannya kepada orang yang sakratul maut, menjelang ajal.

Referensi : Arham Armuza, Rahasia Dahsyatnya Azan Hayya alal falaah, (Yogyakarta, Kaukaba Dipantara,2010)