Apa makna dari peribahasa seperti biduk dikayuh hilir?

boss-fat-guy-smoking-cigar-in-suit

Peribahasa berikut ini akan menjelaskan tentang menyuruh orang :

"Seperti biduk dikayuh hilir."

Artinya kondisi dimana seseorang menyuruh orang lain dan orang tersebut tepat untuk memilih orang yang akan disuruh karena orang yang disuruh benar-benar menyukai pekerjaan tersebut.

Bagaimana pendapat Anda?

source :
https://id.wikiquote.org/wiki/Seperti_biduk_dikayuh_hilir

Ketika kita menyuruh orang karena memang orang tersebut menyukai pekerjaan yang dilakukannya itu berarti kita menyuruh kepada orang yang tepat. Hal seperti ini bisa kita pertahankan karena orang yang benar-benar menyukai pekerjaannya akan selalu mengerjakan pekerjaan tersebut semaksimalnya.

Seperti biduk dikayuh hilir

Bagaimana jadinya jika perahu didayung oleh hilir yang mana itu akan mempermudah perahu tersebut mencapai tujuannya. Ya… peribahasa ini memiliki arti bahwa orang yang sedang menyuruh orang lain untuk melakukan sesuatu dan ternyata pekerjaan tersebut sangat disukai orang yg disuruh tersebut sehingga orang tersebut dengan senang hati melakukannya. Akibatnya, orang yang menyuruh tersebut semakin mudah untuk mencapai tujuannya.

“Bagai biduk dikayuh ke hilir”
artinya:
Mengerjakan suatu pekerjaan dengan berbagai cara agar mendapatkan hasil yang baik.

Peribahasa ini mengandung makna positif, yaitu tentang kerja keras dan usaha tanpa putus untuk mendapatkan hasil terbaik. Rela melakukan cara apa saja dengan berlelah - lelah demi hasil yang baik dikemudian hari