Apa makna dari lukisan "Interior" karya I Nyoman Masriadi?


(Nikita Tsalis) #1

Lukisan “Interior” karya I Nyoman Masriadi

image

Lukisan Interior merupakan salah satu tema karya perupa seni lukis Indonesia, I Nyoman Masriadi pada tahun 1999 dengan menggunakan media Mixed Media On Canvas serta berukuran 299 cm x 145 cm. Lukisan ini merupakan lukisan animasi, narative, imajinative dengan gaya kontemporer dan Pop. Dengan teknik melukis menggunakan bahan campuran di atas kanvas.

Lukisan ini menggambarkan tentang Interior. Interior sering kali diartikan sebagai komponen pendukung yang bisa mempercantik ruang di dalam rumah. Interior yang digunakan biasanya yang berhubungan dengan furnitur, penataan ruangan, pemilihan cat, penggunaan tangga dan sebagainya yang berhubungan dengan rumah bagian dalam. Dalam lukisan ini, interior yang dimaksud adalah “hal lain” yang terlihat indah dan cantik dipandang secara nafsu.

Apa makna dari lukisan “Interior” karya I Nyoman Masriadi?


(Shiella Regina Febriyanisa) #2

Makna dari lukisan “Interior” karya I Nyoman Masriadi:

Lukisan Nyoman Masriadi sering menggambarkan sosok manusia super. Narasi bergambarnya, yang seringkali berakar dari sejarah budaya Indonesia yang menawarkan komentar sosial yang penuh warna tentang kehidupan kontemporer dan budaya pop. Melalui kontrolnya terhadap cahaya, bayangan dan volume. Terkadang karakter-karakternya muncul dalam peran pola dasar pahlawan buku komik, koboi, tentara dan atlet, namun seringkali, mereka hanya dibangun terlihat kuat dan terlibat dalam saat-saat pribadi yang rentan.

Sesuatu yang menjadi fenomena, karirnya adalah cerita rags-to-rich yang menggabungkan jenius kreatif, kepekaan budaya, dan penolakan untuk menyesuaikan diri. Kosakata visual Masriadi terus menyegarkan dan relevan secara kontemplatif.

Karya Masriadi yang ditandai dengan kualitas tinggi yang konsisten. Bijaksana dalam menyampaikan pesan yang tercipta dari adegan dan tokoh-tokoh dunia bergambar, dan rinci dalam eksekusi penyelesaiannya. Kualitas ini telah membuatnya diterima secara positif dalam dunia seni.

Seperti yang dijelaskan Ashley Bickerton; “Karya Masriadi jelas sekarang. Inilah seni Indonesia yang datang dengan sendirinya. Meskipun kita melihat banyak seniman saat ini mengalah pada gaya global yang konvergen, karya Masriadi telah berhasil memadukan irama yang berbeda dan berbeda ke dalam salah satu suara paling jelas dan paling umum di Indonesia “.