Apa makna dari lukisan "Cycle Of Life #30" karya Arya Sukapura Putra?

Lukisan Cycle Of Life #30

image
Lukisan Cycle Of Life #30 merupakan salah satu karya perupa seni lukis Indonesia, Arya Sukapura Putra. Lukisan berukuran yaitu 1.7 H x 16.5 W x 0 in dengan media Watercolor on Paper. Lukisan ini merupakan lukisan abstrak ekspresionisme. Teknik pengecatan lukisan menggunakan cat air di atas kertas. Lukisan ini menggambarkan imajinasi pelukis yang terinspirasi oleh perputaran roda kehidupan. Apa makna dari lukisan “Cycle Of Life #30” karya Arya Sukapura Putra?

Makna dari Lukisan "Cycle Of Life #30"
Pada umumnya kehidupan manusia selalu berjalan seiring dengan waktu yang terus berputar. Dalam menjalani kehidupannya, manusia mengalami suatu proses yang sangat panjang. Manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna. Manusia memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh makhluk Tuhan yang lain. Akal merupakan kelebihan yang telah diberikan Tuhan kepada manusia. Dengan akal manusia mampu belajar, berfikir, memahami serta melakukan mana yang baik dan mana yang buruk. Dengan akal yang dimiliki, seorang manusia mampu mempertahankan dan meningkatkan kualitas hidupnya, yaitu memaksimalkan proses berfikir sehingga dapat dikatakan manusia yang dibekali kecerdasan yang luar biasa dibanding dengan makhluk Tuhan yang lain.

Pesan Tersirat
Manusia perlu mempunyai Emosional dan Spiritual Power yang baik agar bisa menyeimbangkan antara akal dan nafsu. Emosional power dibutuhkan untuk mengendalikan emosi seseorang, etika dan moral seseorang.