Apa macam-macam desentralisasi menurut Bayu Suryaningrat?

gambar
Apa macam-macam desentralisasi menurut Bayu Suryaningrat?

  1. Desentralisasi Jabatan (ambtelijke decentralisatie) yaitu penyerahan kekuasaan dari atasan kepada bawahan sehubungan dengan kepegawaian atau jabatan (ambt) dengan maksud untuk meningkatkan kelancaran kerja. Oleh karena itu, desentralisasi macam ini disebut juga dekonsentrasi. Jika demikian, maka yang disebut dekonsentrasi adalah tidak lain daripada salah satu jenis desentralisasi. Dekonsentrasi adalah pasti desentralisasi tetapi desentralisasi tidak selalu berarti dekonsentrasi.

  2. Desentralisasi Kenegaraan (staatkundige decentralisatie), yaitu penyerahan kekuasaan untuk mengatur Daerah dalam lingkungannya sebagai usaha untuk mewujudkan asas demokrasi dalam pemerintahan negara. Di dalam desentralisasi ini, rakyat secara langsung mempunyai kesempatan untuk turut serta (participation) dalam penyelenggaraan pemerintahan di Daerahnya. Desentralisasi Kenegaraan dapat dibedakan antara lain:
    a) Desentralisasi teritorial (territoriale decentralisatie), yaitu penyerahan kekuasaan untuk mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri (autonomie). Batas pengaturan termaksud adalah
    Daerah.
    b) Desentralisasi Fungsional (functionale decentralisatie), yaitu pelimpahan kekuasaan untuk mengatur dan mengurus fungsi tertentu. Batas pengaturan tersebut adalah jenis fungsi, misalnya pendidikan, pengairan dan sebagainya.