Apa lagu nasional dari negara Spanyol?

Spanyol (bahasa Spanyol: España [esˈpaɲa] ( simak)), secara resmi dikenal dengan sebutan Kerajaan Spanyol (bahasa Spanyol: Reino de España) adalah sebuah negara di Eropa barat daya yang, bersama Portugal, terdapat di Semenanjung Iberia. Batas darat Spanyol dengan Eropa adalah Pegunungan Pirenia dengan Perancis dan Andorra. Wilayahnya terdiri dari kota Ceuta dan Melilla di Afrika Utara, Kepulauan Canary di Samudra Atlantik, dan berbagai pulau di Laut Tengah. Lalu apa lagu nasional dari negara ini?

Marcha Real (Mars Kerajaan) adalah lagu kebangsaan Spanyol.

Marcha Real adalah lagu yang agak tua di Eropa. Asal-usulnya tidak diketahui. Ia telah disebut di dalam dokumen “Libro de Ordenanza de los toques militares de la Infantería Española”, sebuah buku panduan meniup trompet untuk membunyikan isyarat-isyarat karangan Manuel de Espinosa. Dalam buku ini, lagu Marcha Real diberi nama Marcha Granadera (Musik Perbarisan Granadiers) tetapi tidak diberi tahu siapa yang menggubahnya.

Pada tahun 1770, Raja Carlos II menitahkan bahwa lagu Marcha Granadera didendangkan di upacara-upacara umum dan istiadat. Lama-kelamaan rakyat Spanyol menganggap lagu tersebut sebagai lagu kebangsaan mereka dan menggelarnya Marcha Real atau Musik Kerajaan karena sering diperdengarkan saat Raja atau anggota keluarganya hadir.

Pada pemerintahan Republik Spanyol Kedua (1931-1939), lagu Himno de Riego menggantikan lagu Marcha Real yang dianggap mengagungkan sistem kerajaan. Namun Francisco Franco mengembalikan Marcha Real sebagai lagu kebangsaan setelah berakhirnya Perang Saudara Spanyol (1936-1939).