Apa lagu kebangsaan Negara Islandia?

Islandia merupakan sebuah negara Nordik yang terletak di sebelah barat laut Eropa dan sebelah utara Samudera Atlantik, yang terdiri dari Pulau Islandia dan beberapa pulau kecil disekitarnya. Ibukota dan kota terbesar di negara ini adalah Reykjavík. Reykjavík dan sekitarnya adalah tempat tinggal bagi dua pertiga populasi.

Lofsöngur (bahasa Indonesia: Himne), atau Ó Guð vors lands (bahasa Indonesia: Oh, Tuhan Negara Kami), adalah lagu kebangsaan Islandia. Liriknya dikarang oleh Matthías Jochumsson, sedangkan musiknya digubah oleh Sveinbjörn Sveinbjörnsson. Lagu ini mempunyai tiga bait, tetapi hanya bait pertama yang umum dinyanyikan. Löfsongur agak sukar untuk dinyanyikan dan kebanyakan orang Islandia sendiri justru mengklaim bahwa mereka tidak dapat menyanyikannya dengan baik dan benar. Löfsongur adalah sebuah himne, sejalan dengan kenyataan bahwa Islandia menganut sistem gereja negara sehingga Kristen adalah agama mayoritas yang dianut oleh penduduknya dan menjadi dasar dari budaya yang berkembang di Islandia.

Banyak lagu patriotis lainnya dinyanyikan oleh orang Islandia untuk menyatakan kesetiaan mereka kepada negaranya, seperti Ísland er land mitt (Islandia, Negaraku), Ó fögur er vor fósturjörð (Oh, Betapa Indah Negara Kita), Ástkæra Ísafold (Islandia Tercinta), dan Ég vil elska mitt land (Aku Ingin Mencintai Negaraku). Adapun lagu patriotik yang masih terbilang baru yang dipopulerkan oleh Baggalútur, salah satu grup band ternama di Islandia, adalah Ísland ég elska þig (Islandia, Aku Cinta Kamu).