Apa lagu kebangsaan Negara Arab Saudi?

Arab Saudi atau Kerajaan Arab Saudi merupakan suatu negara Arab yang berada di Asia Barat yang mencakup hampir keseluruhan wilayah Semenanjung Arabia. Arab Saudi berbatasan langsung dengan Yordania dan Irak ke utara, Kuwait ke timur laut, Qatar, Bahrain, dan Uni Emirat Arab ke timur, Oman ke tenggara, dan Yaman ke selatan. Ibu kota negara ini adalah Riyadh.

Aash Al Maleek adalah lagu kebangsaan Kerajaan Arab Saudi yang ditetapkan pada 1950. Lirik lagu ditulis oleh Ibrahim Khafaji dan musik oleh Abdul Rahman Al-Khateeb.

Pada tahun 1947, Kerajaan Arab Saudi belum memiliki lagu kebangsaan yang tetap. Ketika Raja Abdul Aziz bin Saud berkunjung ke Mesir pada tahun tersebut, dia meminta seorang musikus Mesir bernama Abdul Rahman Al-Khateeb untuk menciptakan sebuah lagu kebangsaan. Saat itulah 'Aash Al-Maleek diciptakan. Melodi lagu tersebut sangat terinspirasi oleh model mars-mars bangsa Arab, yang juga mirip dengan lagu-lagu kebangsaan berbagai negara Arab di Timur Tengah pada masa itu. Kemudian (kemungkinan pada tahun 1950), lirik pertama lagu kebangsaan 'Aash Al-Maleek ditulis oleh Mohammed Talat. Lalu pada tahun 1984, Raja Fahd bin Abdul Aziz memerintahkan seorang penyair bernama Ibrahim Khafaji untuk menulis ulang lirik lagu kebangsaan 'Aash Al-Maleek, yang terus digunakan sebagai lirik resmi lagu kebangsaan Kerajaan Arab Saudi hingga saat ini.