Apa lagu daerah favorit kalian?

Lagu daerah favorit saya adalah Cing Cangkeling dari Jawa Barat, selain karna memang lagu dari asal daerah saya. Lagu ini selalu mengingatkan saya pada kampung halaman. Lagu daerah favorit kalian?

Bukan lagu daerah sih, cuma lagu yang berasal dari daerah saya. Setiap mendengarkan lagu ini di perantauan, rasanya bangga bercampur malu HAHAHAHAHA

Lagu Gundul-Gundul Pacul dan Lir-Ilir ini merupakan salah satu lagu daerah yang disebut juga sebagai lagu dolanan dan cukup familiar di telinga anak-anak di Jawa Tengah. Lagu dolanan ini biasa dinyanyikan di sela-sela permainan anak-anak.

lirik lagu Gundul-Gundul Pacul berikut ini:

Gundul gundul pacul-cul Gembelengan

Nyunggi nyunggi wakul-kul Gembelengan

Wakul ngglimpang Segane dadi sak latar

Bait pertama terdapat kata „Gundul-Gundul Pacul‟ , yang bisa dimaknai secara terpisah sebagai Gundul merupakan kepala plontos tanpa rambut. Kepala adalah lambang kehormatan kemuliaan seseorang. Sedangkan rambut merupakan mahkota lambang keindahan kepala, jadi gundul adalah kehormatan tanpa mahkota.

lirik lagu lir-ilir berikut ini:

Lir-ilir, lir-ilir Tandure wis sumilir Tak ijo royo-royo

Tak sengguh temanten anyar

Cah angon, cah angon Penekna blimbing kuwi Lunyu-lunyu penekna Kanggo mbasuh dodotiro

Dodotiro-dodotiro Kumitir bedah ing pinggir Dondomana jlumatana Kanggo seba mengko sore

Mumpung padhang rembulane Mumpung jembar kalangane Yo suraka

Surak iyo

Lir-Ilir diartikan „bangun-bangun‟. Maksudnya bahwa orang-orang diajak untuk bangun dan sadar akan kedatangan agama yang benar yakni Islam.

jadi itu teman-teman lagu daerah favorit saya yang kaya akan makna.