Apa kriteria sebelum memilih foundation yang tepat?

Foundation menentukan apakah tampilan riasan cocok atau tidak dan apakah kulit akan benar-benar terlindung dari sinar matahari. Setiap produk memiliki kandungan yang berbeda-beda dan kulit akan memiliki respon yang berbeda pula tergantung dari jenisnya. Maka, sebelum memutuskan untuk menggunakannya, apa sajakah kriteria yang harus diperhatikan dalam memilih foundation ?

Foundation sering digunakan sebagai makeup dasar supaya tampilan kulit lebih sempurna dan makeup bisa tahan lama. Sayangnya, banyak dari kita, termasuk saya, yang sering salah memakai dan memilih foundation yang tepat. Akhirnya, makeup menjadi terlihat lebih tebal dan terkadang bisa membuat kulit jadi iritasi.

Makeup artist Liz Olivier berbagi tips tentang masalah ini.

  1. Memilih warna
    Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih tiga warna foundation yang paling dekat dengan kulit kita. Lalu cobalah aplikasikan sedikit pada kulit di antara rahang dan leher. Biarkan beberapa menit agar foundation yang diaplikasikan tersebut teroksidasi. “Warna yang paling meresap ke kulitmu, berarti itulah yang paling tepat,” ujar Olivier. Baca juga: Tinted Moisturizer atau Foundation, Mana yang Lebih Baik?

  2. Bahan dasar
    Bahan dasar foundation, apakah minyak atau air, memberikan dampak berbeda tergantung dengan tipe kulit kita. Jika kulit kita kering dan secara rutin menggunakan hydration-boosting moisturizer, foundation berbasis minyak mungkin lebih sesuai. “Jenis ini sesuai untuk mereka yang punya kulit kering. Sebab minyak mampu melembapkan kulit saat diaplikasikan,” kata dia. Sebaliknya, jika kondisi kulit normal cenderung berminyak, Olivier menyarankan penggunaan foundation berbasis air dan bebas minyak. “Karena foundation tipe ini mencegah kulit menjadi ‘cakey’ atau terlalu mengkilap,” ujar dia.

  3. Kenali undertone kulit
    Seringkali kita melihat foundation seseorang luntur dengan keringat sehingga make up-nya terlihat ‘bolong-bolong’. Hal itu terjadi karena pemilihan foundation yang tidak sesuai undertone kulit, apakah tergolong dingin (cool) atau hangat (warm). Untuk mengetahuinya, Olivier merekomendasikan pengecekan pembuluh nadi di pergelangan tangan. Baca juga: Perhatikan Rona Wajah Saat Memilih Foundation Jika tampak berwarna biru atau ungu, maka warna undertone kulitmu adalah cool. Artinya kulit kita memiliki warna kebiruan, pink, atau merah. Sementara, jika warna pembuluh nadimu hijau, maka warna undertone kulitmu adalah warm atau lebih kepada kuning atau emas. Bagaimana jika warna nadinya campuran keduanya? Maka undertone kulitmu adalah netral. Beberapa merek kosmetik memiliki daftar undertone sendiri, sehingga akan memudahkanmu untuk memilih.

Sumber: