Apa kira-kira yang akan ditanyakan oleh Robin kepada salah seorang penjaga agar ia dapat menuju ke pintu kebebasan?

Alkisah, Robin Hood terkurung di dalam sebuah penjara.
Di depan penjaranya, terdapat 2 pintu yang tertutup rapat yang dijaga oleh masing2 penjaga, dimana satu pintu menuju kearah hutan, yang dapat ia gunakan untuk membebaskan diri, sedangkan pintu satunya lagi menuju ke jurang, yang dapat mengakibatkan kematiannya.

Ia diberi kesempatan oleh Prince John (orang yang menangkapnya) untuk dapat menentukan nasibnya sendiri, untuk memilih salah satu pintu tersebut. Tentu saja Robin ingin menuju ke pintu kebebasannya. Tapi, masalahnya dia tidak tau, mana yang pintu menuju kematiannya, mana yang menuju kebebasannya?

Prince John juga berkata bahwa salah seorang penjaga pintu itu selalu berkata jujur, sedangkan yang satunya lagi selalu berkata bohong. Dan prince John juga membolehkan Robin untuk mengajukan 1 pertanyaan saja ke salah seorang penjaga tersebut.

Apa kira-kira yang akan ditanyakan oleh Robin kepada salah seorang penjaga agar ia dapat menuju ke pintu kebebasan?

Pertanyaan yang ditanyakan adalah "Jika saya bertanya pada penjaga satunya lagi, kemana pintu menuju hutan maka dia akan jawab apa?"
Maka penjaga pembohong akan menunjukkan jalan yang salah, dan penjaga jujur akan menunjukkan jalan yang salah. Sehingga Robin akan memilih pintu yang tidak ditunjuk kedua penjaga yaitu pintu menuju jalan ke hutan.