Apa keuntungan orang yang aktif di organisasi kampus ketika terjun di dunia kerja?

Ketika kamu berada di bangku kuliah, kurang pas rasanya apabila tidak mengikuti organisasi kampus ataupun terlibat dalam kepanitiaan event yang diadakan oleh mahasiswa. Apabila di kelas kita mendapatkan banyak teori, maka dengan mengikuti organisasi kita bisa megimplementasikan dalam bentuk praktik. Saya rasa mahasiswa yang mengikuti organisasi atau kegiatan-kegiatan di kampus memiliki banyak pembelajaran yang bisa didapat.

Nah, kalau dalam bidang pekerjaan nih… kira-kira apa saja sih keuntungan bagi orang yang berpengalaman berorganisasi ketika terjun di dunia kerja ?

Ada beberapa keuntungan atau manfaat yang dapat kamu dapatkan ketika memiliki pengalaman berorganisasi di kampus. Keaktifan di organisasi akan menjadi nilai plus ketika kamu melamar pekerjaan. Adapun keuntungannya, antara lain :

1. Project Management

Tentunya, kamu akan membutuhkan keterampilan manajemen saat kerja. Pengalaman project management ketika berorganisasi di kampus tentu akan menjadi nilai plus. Tidak hanya itu, pengalaman ini juga dapat membantu berbagai bidang pekerjaan. Cantumkan proyek yang pernah kamu kelola dan jelaskan bagaimana kamu menjalankan proyek itu saat wawancara. Jelaskan bagaimana kamu mendelegasikan pekerjaan sehingga proyek tersebut sukses. Jangan khawatir bila kamu melakukan kesalahan saat mengelola proyek tersebut, jelaskan pelajaran yang kamu dapat dari kesalahan tersebut dan tunjukan bahwa kamu dapat belajar dari kesalahan.

2. Mengelola keuangan

Mengelola keuangan merupakan kemampuan yang sangat berharga. Kamu perlu mengerti berbagai cara paling efektif untuk mengaturnya dan tahap-tahap apa saja yang perlu dilalui. Pengalaman mengelola keuangan membuatmu menjadi orang yang lebih teliti dan dapat dipercaya. Kemampuan mengelola uang tidak hanya berguna di satu industri saja, tetapi juga berguna di berbagai industri yang berbeda-beda. Bukan cuma itu, ketelitian dan kemampuan memahami sistem juga pasti akan membuat perusahaan lebih tertarik.

3. Komunikasi

Pengalaman membangun dan menjalin hubungan dengan orang lain sangat membantu dalam dunia kerja. Pengalaman ini melatih kemampuan interpersonal kita. Salah satu manfaat dari kemampuan interpersonal adalah menciptakan dan menjaga keharmonisan dalam lingkungan kerja. Lingkungan kerja yang harmonis tentu akan membuat pekerjaan lebih menyenangkan dan produktif. Selain itu, kemampuan interpersonal juga penting untuk memecahkan masalah. Melalui komunikasi yang efektif dan rasional, tentu masalah-masalah dalam lingkungan kerja dapat diselesaikan dengan baik. Pengalaman berkomunikasi tidak hanya berharga saat kerja, tetapi juga saat mencari kerja. Pengalaman ini pasti akan sangat membantu menarik perhatian perusahaan saat wawancara kerja.

4. Bekerja dalam tim

Kemampuanmu untuk bekerja bersama rekan kerja juga sangat penting. Pengalaman kerja di organisasi dan pengalaman menjadi relawan tentu mengharuskan kamu untuk bekerja bersama berbagai orang-orang yang berbeda. Pengalaman tersebut pastinya telah melatih kemampuanmu sehingga kamu dapat bekerja sama dengan baik. Kerja sama tim yang baik dapat meningkatkan efisiensi kerja dan mengurangi beban setiap orang. Dengan berkolaborasi, kamu dapat saling mendukung satu sama lain dan menciptakan rasa memiliki dalam lingkungan kerja.

5. Berpikir kreatif

Memecahkan masalah dan menghadapi tantangan dalam pekerjaan seringkali membutuhkan kemampuan berpikir kreatif. Dengan berpikir kreatif, kamu tidak hanya bisa menemukan solusi yang efektif, tetapi kamu juga dapat mencegah masalah-masalah yang dapat terjadi di masa depan. Jika kamu sering berpikir kreatif ketika menghadapi masalah di organisasi, tentunya kamu tidak akan kesusahan berpikir kreatif saat kerja. Ceritakan pengalamanmu memecahkan masalah dalam organisasi, pasti perusahaan menjadi lebih tertarik. Banyak sekali pengalaman yang membuatmu lebih menarik.

Menurut saya keuntung berorganisasi pada saat terjun di dunia pekerjaan yaitu:

  1. Mendapatkan informasi dan koneksi dengan mudah
  2. Memenuhi salah satu syarat bekerja untuk melamar beasiswa
  3. Kemudahan meminta rekomendasi dari relasi dosen dan pejabat kampus yang dikenal saat masih berorganisasi
  4. Menambah percaya diri dan daya jual.
  5. Keluwesan dan kemantapan ketika interview
  6. Menambah catatan di CV hingga memperluas mendapatkan beasiswa.

Menurut saya aktif organisasi di dunia kampus memiliki banyak manfaat. Seperti contohnya tanggungjawab, mengasah softskill dan memiliki banyak referensi (pertemanan). Semua manfaat tersebut pasti akan menjadi latihan kerja kita di masa yang akan datang. Selain itu juga melatih tingkat percaya diri yang bisa digunakan didunia kerja.