Apa Keuntungan Menerapkan Komunikasi Massa di Organisasi?

Komunikasi Massa adalah bentuk komunikasi yang menggunakan saluran (Media) dalam menghubungkan komunikator dan komunikan secara massal, berjumlah banyak, terpencar, sangat heterogen dan menimbulkan efek tertentu.

Apa Keuntungan Menerapkan Komunikasi Massa di Organisasi ?

Pengertian Komunikasi Massa

Keuntungan menerapkan Komunikasi Massa di dalam Organisasi adalah sebagai berikut :

  1. Motivasi, mendorong orang untuk mengikuti kemajuan orang lain melalui apa yang mereka baca, lihat, dengar, melalui media massa dan menerapkan nya didalam organisasi.

  2. Bahan diskusi, karena dalam komunikasi massa menyediakan informasi untuk mencapai persetujuan dalam hal perbedaan pendapat mengenai hal-hal yang menyangkut orang banyak.

  3. Hiburan, media massa adalah sarana yang banyak menyita waktu luang semua golongan usia, dengan difungsikannya sebagai alat hiburan dalam rumah tangga. Sifat estetikanya dituangkan dalam bentuk lagu, lirik, bunyi, gambar, dan bahasa, membawa orang pada situasi menikmati hiburan seperti halnya hiburan lain.

  4. Sosialisasi, karena media massa menyediakan dan mmengajarkan ilmu pengetahuan bagaimana orang bersikap sesuai dengan nilai-nilai yang ada, serta bertindak sebagai anggota organisasi secara efektif.

  5. Informasi, yang membantu anggota organisasi untuk mengumpulkan, menyimpan data, fakta, opini, pesan, komentar, sehingga orang bisa mengetahui keadaan yang sedang terjadi.