Apa keuntungan dan kerugian ecommerce?

Di era modern saat ini masyarakat lebih suka berbelanja secara online akan tetapi jika dengan melihat perkembangan tersebut apakah kita tahu Apa keuntungan dan kerugian ecommerce ?

E-Commerce adalah electronic commerce atau EC yang melakukan pembelian dan penjualan barang dan jasa, atau transmisi sejumlah dana maupun data, dengan jaringan elektronik terutama di internet. Transaksi bisnis E-Commerce ini terjalin baik sebagai dalam melakukan transaksi business-to-business, business-to-consumer, consumer-to-consumer atau consumer-to-business. Contoh dari E-Commerce seperti Bukalapak, BliBli, Olx, dan lain-lain.

Dari beberapa aspek E-Commerce memiliki beberapa keuntungan yaitu :

  1. Prosedur pembelian / penjualan menjadi lebih cepat dan mudah untuk melakukan pencarian barang.
  2. Membeli / menjual dengan layanan 24 jam (24/7)
  3. Lebih menjangkau kepada pelanggan.
  4. Biaya operasional rendah dan kualitas layanan lebih baik.
  5. Mudah untuk memulai dan mengelola suatu bisnis.
  6. Pelanggan dapat dengan mudah memilih produk dari penyedia yang berbeda tanpa bergerak secara fisik.

Dari aspek lain E-Commerce juga memiliki beberapa kerugian yaitu :

  1. Segala jenis penipuan masih banyak tersebar
  2. Pembeli tidak dapat melihat kondisi fisik pada barang
  3. Tidak adanya jaminan kualitas produk
  4. Kehilangan kesempatan bisnis karena ganguan pelayanan seperti listrik yang tiba-tiba padam
  5. Hacking atau peretasan pada sebuah situs

Bisa disimpulkan bahwa dengan menggunakan E-Commerce kita bisa dengan mudahnya mencari barang yang kita inginkan dengan cepat dan praktis akan tetapi dengan E-Commerce ini kita tidak akan tahu mengenai kondisi barang secara nyata, hanya dengan tulisan tidak akan cukup membuat orang percaya sehingga timbul beberapa jenis penipuan yang ada di E-Commerce ini.

SUMBER :

image

Electronic Commerce yang dikenal dengan E-Commerce adalah konsep penggunaan internet sebagai portal penjualan untuk menjual produk atau layanan secara online. Produk ini bisa berupa B2B (Business-to-Business), B2C (Business-to-Consumer), atau bahkan keduanya tergantung kebutuhan konsumen.

Sejak awal, konsep E-Commerce telah sukses besar. Di era modern ini, di mana pelanggan lebih memilih kenyamanan daripada hampir semua hal, e-commerce diterima dengan tangan terbuka sebagai penyelamat.

E-Commerce memiliki keuntungan dan kerugian dalam setiap penggunaanya :

  • Keuntungan E-Commerce

E-Commerce juga bermanfaat dalam hal harga. Pelanggan dapat melihat perbedaan harga yang jelas pada barang dagangan secara online dibandingkan dengan toko ritel. Pemilik platform e-commerce mampu menurunkan harga karena mereka tidak perlu mengeluarkan biaya untuk operasi toko, yang merupakan kemunduran besar untuk toko batu bata dan mortir hari ini.

Berikut keuntungan lainnya :

  1. Menggunakan situs E-commerce akan menurunkan biaya yang terkait dengan basis klien, loyalitas konsumen dan penawaran yang lebih tinggi yang dihasilkannya.

  2. Masalah yang terkait dengan menjalankan lokasi ritel akan berkurang dengan alasan karena alasan bahwa pertukaran dilakukan melalui situs dan bukan melalui toko panduan, demikian juga biaya pencahayaan, penyewaan, penempatan dan penyimpanan ulang toko akan benar-benar dikeluarkan.

  3. Bisnis Anda dapat menjangkau setiap sudut lokasi geografis, Ini memberdayakan bisnis untuk menjangkau pasar dunia dengan permintaan nasional dan global. Terlebih lagi, tindakan bisnis Anda tidak lagi terbatas dengan keterbatasan geologi.

  4. Dengan ini, dan bahkan perusahaan swasta pun bisa sampai ke pasar dunia untuk menawarkan dan membeli produk dan usaha.

  5. Klien atau konsumen bisa membeli dan membayar jumlah dan transaksi dilakukan 24 jam sehari dan pada hari libur dan akhir pekan.

  6. ni memberi konsumen pilihan untuk membandingkan harga dan pada saat bersamaan juga memberi manfaat bagi pelanggan untuk produk murah dengan kualitas bagus.

  7. Tidak perlu berdiri dalam antrian besar atau menunggu giliran Anda.

  8. Berbagai penawaran menakjubkan dan kupon tersedia untuk memberikan potongan harga tambahan.

  9. Mengelola saham, dan persediaan merupakan proses yang mudah juga catatan pembayaran dan pembayaran bisa dilakukan dengan mudah.

image

  • Kerugian E-Commerce

Namun, e-commerce juga memiliki sisi gelap, yaitu ;

  1. Waktu pengiriman produk lebih banyak.

  2. Tidak tersedianya sentuhan dan perasaan produk.

  3. Dalam kasus barang pakaian yang harus Anda beli tanpa usaha.

  4. Beberapa kali produk yang salah atau rusak itu disampaikan maka masalah pengembalian dan mendapatkan uang kembali adalah proses yang masih sulit.

  5. Anda harus menunggu pengiriman orang karena dia bisa datang kapan saja tidak masalah Anda sibuk atau apa yang harus Anda kumpulkan barang Anda atau harus menunggu beberapa hari ekstra.

  6. Beberapa kali Anda menemukan gambar produk yang sangat menarik namun produk yang Anda terima tidak sesuai dengan gambar yang sebenarnya Anda lihat di situs web.

  7. Akses internet masih belum murah dan tidak nyaman digunakan bagi banyak calon pelanggan seperti yang tinggal di desa terpencil.

  8. Setiap orang tidak terpelajar secara digital sehingga ia tidak mampu membeli produk.

Bisnis online menunjukkan pertukaran bisnis yang mencakup pertukaran data melalui web. Dengan perkembangan pesat dalam industri pengembangan web dan berbagai platform yang ada, telah membuat pasar untuk bisnis dan konsumen melakukan perdagangan dan transaksi di seluruh dunia. Seperti semua bisnis, bisnis elektronik juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, E-Commerce juga demikian

SUMBER :