Apa keuntungan belajar bahasa pemrograman yang berbeda?

Setiap bahasa pemrograman pasti memiliki kelebihan masing-masing. Begitu juga dengan kerumitannya, masing-masing punya tingkat kesulitan tersendiri. Ada yang bilang belajar bahasa Java mudah ada juga yang bilang belajar Java lebih sulit dibandingkan dengan bahasa yang lain. Kalo kita bilang keuntungan , pasti juga ada masing masing keuntungan yang kita dapat. Lalu Apa keuntungan belajar bahasa pemrograman yang berbeda?

Pada era teknologi yang sedang berkembang dengan pesatnya. Berbagai aplikasi dalam berbagai platform dibuat dalam tujuan yang berbeda-beda. Dalam kasus ini bahasa pemrograman yang digunakan turut menyesuaikan. Walau pada dasarnya pemrograman memiliki konsep yang sama dalam menulis algoritma. Mempelajari bahasa pemrograman yang berbeda-beda memiliki keuntungan, yaitu dengan kemampuan kita menguasai banyak bahasa pemrograman peluang kita juga lebih besar mengingat era masa kini teknologi terus berkembang dan bertambah.

Sama seperti halnya dalam mempelajari bahasa baru, studi mengatakan IQ manusia yang menguasai lebih dari 3 bahasa lebih tinggi dari rata-rata. Jika di telaah jika mempelajari bahasa pemrograman sama saja mempelajari bahasa baru, programmer diuntungkan dalam kemampuan pemecahan masalah yang diatas rata-rata. Selain itu mempelajari bahasa pemrograman sama saja dengan berlatih bahasa baru, dari situ kita dapat mengidentifikasi pola dalam mempelajari bahasa baru juga terlatih untuk bertemu dengan bahasa bahasa pemrograman kedepannya.

Bagi developer, computer scientist, atau programmer tentu sudah tahu manfaat belajar bahasa pemrograman, tidak perlu dijelaskan lagi . Belajar bahasa pemrograman bagi mereka akan sangat bermanfaat untuk bidang pekerjaan yang dimilikinya, apalagi bagi mereka yang sedang mengerjakan proyek-proyek baru yang sama sekali belum pernah disentuhnya .

Selain iming-iming intensif yang besar, belajar pemrograman memiliki beberapa manfaat yang dapat kita rasakan. Manfaat ini tidak secara langsung dapat kita rasakan, tetapi dengan proses belajar yang tepat, manfaat ini akan kita rasakan jauh setelah proses tersebut terlewati.

Sebagai dampak positifnya, kita tentu akan semakin terbiasa dengan cara berpikir sistematis. Cara berpikir ini akan terbawa ke kehidupan sehari-hari, terutama dalam menghadapi berbagai macam permasalahan yang sedang menghimpit.

Mempelajari dan dapat menguasai beberapa bahasa pemrograman yang berbeda adalah hal yang tidak mudah bahkan oleh orang yang menyebut dirinya seorang programmer. Tapi, bukan hal yang tidak mungkin juga Anda bisa menguasai beberapa bahasa pemrograman. Dengan menguasainya Anda bisa memperoleh beberapa keuntungan yaitu :

  1. Memperkuat memori dan meningkatkan kapasitas kerja otak Anda.
    Dengan mempelajari beberapa bahasa pemrograman membuat Anda bisa meningkatkan kinerja otak Anda sekaligus memperkuat memori otak Anda. Tentu saja menghapalkan beberapa syntax baru membuat Anda lebih cerdas dan merangsang kerja sel-sel otak Anda.

  2. Menyadarkan Anda Semua Hal dapat dipelajari
    Bila Anda sukses mempelajari bahasa pemrograman yang berbeda, tentu hal ini menyadarkan Anda bahwa kapasitas manusia melebihi yang Anda bayangkan. Dan tentu saja itu karena semua hal dapat dipelajari oleh manusia.

  3. Belajar gaya penulisan kode dan sudut pandang yang berbeda.
    Jika kita hanya tahu atau mempelajari satu bahasa pemrograman saja, maka hal ini dapat menjadikan pemikiran kita sempit karena hanya memandang dari satu sisi saja. Namun, dengan belajar dua bahasa atau lebih menjadikan Anda berwawasan luas dan berpandang terbuka dalam menyelesaikan suatu masalah. Hal ini berimbas pada opsi solusi yang lebih bervariasi dan efektif dengan mengkombinasikan beragam bahasa pemrograman.

  4. Opsi pekerjaan yang lebih luas
    Sebagai programmer Anda tentu mencari pekerjaan untuk menyalurkan passion Anda. Namun tidak jarang spesifikasi pelamar yang diminta perusahaan tidak sesuai dengan kita. Nah, dengan belajar bahasa pemrograman yang berbeda membuat cakupan pekerjaan Anda otomatis meluas yang berdampak pada kemungkinan mendapat pekerjaanpun meningkat.