Apa kerugian dari melakukan perawatan Chemical Peeling?

Ketakutan tersendiri apabila telah melakukan uang banyak namun tidak membuahkan hasil maksimal pada perawatan yang dilakukan. Berikan penjelasan kerugian dari perawatan Chemical Peeling

Beberapa kerugian dari chemical peeling diantaranya:

  • Lapisan kulit menjadi tipis. Akibat menipisnya lapisan kulit, dapat berakibat berkurangnya elastisitas kulit. Sehingga kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari dan tidak memiliki pigmen yang cukup untuk melindungi dari penuaan dini.
  • Timbul kemerahan pada kulit. Proses penggunaan chemical peeling dapat berakibat munculnya kemerahan pada kulit wajah, ini bisa berlangsung selama beberapa bulan.
  • Munculnya jaringan parut pada kulit wajah. Jaringan parut biasanya terjadi di bagian bawah kulit wajah. Kasus terjadinya jaringan parut jarang terjadi. Pengobatannya bisa dengan menggunakan antibiotik yang berfungsi untuk menyamarkan bekas luka yang terlihat.
  • Dapat mengakibatkan perubahan warna kulit. Chemical peeling juga bisa menyebabkan hiperpigmentasi (kulit menjadi lebih gelap dari semula). Hal ini biasa terjadi pada lapisan kulit yang lebih dangkal. Chemical peeling juga bisa mengakibatkan hipopigmentasi (perubahan kulit yang lebih ringan dari normal). Perubahan warna kulit ini lebih sering terjadi pada orang yang memiliki kulit lebih gelap dan hal ini dapat mengakibatkan perubahan kulit menjadi permanen.
  • Chemical peeling dapat menimbulkan jerawat. Chemical peeling dapat mengakibatkan timbulnya benjolan putih (milia) pada kulit wajah. Jerawat juga mungkin terjadi karena penggunaan krim berminyak pada wajah.

Sumber:
https://wajahjerawat.com/bahaya-chemical-peeling-untuk-wajah-jerawat