Apa kemungkinan komplikasi dari cabut gigi?

Meski gigi permanen sebaiknya dipertahankan seumur hidup, tapi ada beberapa alasan yang menyebabkan pencabutan gigi perlu dilakukan. Alasan tersebut bisa saja karena gigi mengalami infeksi, kerusakan, hingga terlalu banyak gigi di dalam mulut.
asw

Sama seperti semua tindakan medis lain, pencabutan gigi juga berisiko menimbulkan komplikasi.

  • Infeksi atau proses penyembuhan yang lambat. Umumnya disebabkan kebiasaan merokok di masa penyembuhan.
  • Lubang bekas gigi yang telat dicabut dapat terasa nyeri, mengeluarkan rasa atau bau, terutama ketika Anda tidak mengikuti petunjuk perawatan setelah pencabutan dari dokter.
  • Risiko gangguan saraf yang dapat menyebabkan nyeri atau bahkan mati rasa pada bibir, lidah, dagu, gigi, dan gusi. Komplikasi ini umumnya bersifat sementara tapi bisa menjadi permanen juga.
  • Perdarahan
    Sedikit perdarahan setelah dilakukan pencabutan gigi merupakan keadaan yang normal.Perdarahan yang masih terjadi setelah 30-60 menit dilakukan penekanan dengan menggigittampon perlu perawatan lanjut hal ini disebut sebagai perdarahan primer ( primaryhemorrhage ).Dapat pula terjadi perdarahan setelah beberapa hari dilakukan pencabutan disebut perdarahansekunder ( secondary hemorrhage ).
  • Echymosis dan hematoma
    Dapat terjadi sedikit echymosis setelah pencabutan gigi terutama pada penderita usia lanjutBila terdapat echymosis dan hematoma dapat diatasi dengan kompres es pada hari pertamadan selanjutnya dengan terapi panas.
  • Pembengkakan
    Biasa terjadi setelah trauma, bila keadaan berlanjut biasanya terdapat infeksi dan perlu diatasidengan pemberian antibiotika.Kadangkala bila terjadi infeksi disertai pula keadaan kesulitan membuka mulut ( trismus ), bilamana hal ini terjadi maka perlu diberikan latihan untuk membuka mulut serta diberikanterapi panas. Bila trismus berkelanjutan perlu pemberian terapi diatermi dan latihan membukamulut.
  • Drysocket
    Keadaan ini sering terjadi dan menyebabkan rasa sakit yang berkepanjangan setelah pencabutan gigi.

sumber: Komplikasi Setelah Pencabutan Gigi | PDF