Apa keistimewaan Gunung Raung?

keistimewaan gunung raung
Saat ini saya belum pernah mengetahui seperti apa keistimewaan gunung raung. mengapa banyak dari pendaki-pendaki ekstrim mengincar gunung tersebut.

Gunung Raung yang menjadi dambaan para pendaki karena keistimewaannya (pada dasarnya setiap gunung punya ciri khas sendiri). Gunung yang mempunyai ketinggian 3344 mdpl ini terletak dalam tiga kabupaten di wilayah Besuki, Jawa Timur, yaitu Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember selain itu Raung adalah salah satu gunung yang mempunyai kaldera terbesar di Indonesia, Terdapat empat titik puncak, yaitu:

  • Puncak Bendera,
  • Puncak 17,
  • Puncak Tusuk Gigi, dan
  • yang tertinggi, Puncak Sejati (3.344 m).
    Gunung ini membutuhkan beberapa skill tersendiri dari gunung-gunung lain di Indonesia seperti manajemen air, tali-temali dan teknik panjat tebing.

Raung ibarat strata 2 pada pendidikan dan jika raung menjadi S2-nya para pendaki maka S3-nya adalah Puncak Cartenz sementara itu yang disebut S1 adalah seperti Semeru, Kerinci, Argopuro, Rinjani dan lain-lain. Uniknya gunung ini tidak serta merta karena medan saja namun sejarah dan peninggalannya yang begitu menarik jika dibahas antara lain alasan kenapa bernama Raung, napak tilas Gunung Raung dan beberapa mitos seperti macan putih dan lain-lain.