Apa Kegunaan Gunung Berapi?

gunung berapi

Coba lihat peta Indonesia, kemudian coba lihat Pulau Sumatra (jalur bagian barat), Pulau Jawa (jalur tengah), dan Pulau Bali. Kalian akan melihat ada barisan gunung berapi yang biasanya diberi warna coklat. Sekarang kalian lihat di sekeliling jalur warna coklat itu. Pasti kalian akan melihat nama-nama Kota Besar, dari Banda Aceh, Medan, Bengkulu, hingga Bandar Lampung. Di Pulau Jawa ada Kota Serang, Bandung, Bogor, Yogyakarta, dan seterusnya. Tidak hanya di Indonesia tetapi juga di negara lain, seperti di Jepang dan Italia.

gunung-berapi1

Manfaat gunung berapi seperti yang telah dilansir Universe Today, Jumat (30/9/2016), letusan gunung berapi menghasilkan abu yang memiliki nutrisi bagi tanah. Dengan elemen yang dibawa abu tersebut, berdampak pada kesuburan tanah yang lebih baik setelah terpapar abu vulkanik.

Manfaat lainnya adalah pada saat magma dilepaskan, unsur yang melimpah dikeluarkan oleh gunung berapi ialah silika dan oksigen. Letusan juga mengakibatkan pelepasan air, karbon dioksida (CO2), sulfur dioksida (SO2), hidrogen sulfida (H2S), dan hidrogen klorida (HCI).

Selain itu batuan yang dikeluarkan pada saat terjadi letusan juga mengandung zat besi, magnesium dan juga kalium. Adapun jenis batuan yang biasanya terdapat pada saat erupsi ialah protolivine, piroksen, amphibole, dan feldspar. Oleh karena itu, tanah yang dekat dengan lokasi erupsi memiliki lahan yang lebih subur.

Adapun beberapa elemen dan logam mulia yang dimiliki oleh gunung berapi ialah seng, perak, tembaga, emas, dan uranium. Unsur elemen dan logam mulia tersebut bermanfaat untuk penggunaan perangkat mesin eketronik, tenaga nuklir, dan penelitian kedokteran.

Bahkan beberapa batuan yang memiliki nilai ekonomis seperti opal, obsidian, batu akik api, flourite, gypsum, onyx, hematit, dan lainnya berasal dari hasil erupsi gunung berapi yang ada di sekitarnya.

Kemudian panas Bumi yang terbuka dari letusan gunung juga bisa dimanfaatkan menjadi sumber geothermal, di mana panas bumi menjadi sumber utama dalam menghasilkan uap dan menggerakkan turbin menjadi sumber energi listrik.

Sementara manfaat lainnya adalah berkontribusi dalam pembentukan atmosfer planet melalui gas yang dikeluarkan pada saat terjadi erupsi.

Sumber : Manfaat Gunung Berapi bagi Kehidupan di Bumi : Okezone techno