Apa kegunaan dari membuat MVP terutama untuk startup-startup?

image

MVP atau Minimum Viable Product adalah spesifikasi produk seminimal mungkin yang proses pembuatannya cepat, namun mampu melayani kebutuhan inti pengguna semaksimal mungkin. Lalu apa saja kegunaan dari membuat MVP terutama untuk startup?

Menanggapi pertanyaan tersebut maka berikut beberapa kegunaan membuat MVP yaitu:

  1. Dapat menarik investor.
    MVP adalah teknik untuk mempresentasikan ide anda kepada investor, terlebih jika ide tersebut terbukti dapat menarik customer. Maka ketika investor menyukai apa yang sudah anda bangun dan apa yang sedang anda rencanakan untuk dikembangkan, mereka dapat menjadi investor pertama anda.

  2. Dapat menarik adopters awal dan mendapatkan penghasilan pertama anda.
    Semakin cepat produk dirilis, maka semakin cepat juga untuk mendapatkan pelanggan. Peluncuran MVP adalah cara yang baik untuk mendapatkan pengguna pertama sebelum versi akhir dari produk tersebut siap. Selain itu, ini memungkinkan Anda untuk menerima penghasilan awal.

  3. Menerima Feedback
    Bisa mendapatkan informasi nyata dari klien/pengguna, bukan hanya berupa asumsi. Setelah anda mendapatkan feedback dari pengguna maka buatlah keputusan yang bijaksana berdasarkan informasi tersebut.

  4. Dapat membuktikan asumsi yang kita buat sebelumnya.
    Jika feedback yang anda dapat dari customer sama dengan asumsi anda maka itu adalah hal yang baik untuk anda karena customer akan menyukai produk anda. Selain itu, anda mengetahui bahwa anda memiliki peluang yang cukup besar, dapat mengembangkan maupun menyempurnakan ide anda dan pasar untuk produk anda.

  5. Pivot tepat waktu.
    Jika produk yang anda buat tidak sesuai kebutuhan pengguna maka MVP mampu mengubah arah bisnis anda, baik sedikit maupun banyak.

  6. Gagal lebih awal.
    Jika kegagalan anda terjadi di awal maka itu baik bagi produk anda karena anda bisa menghemat kerja keras, waktu, dan uang anda dari pembuatan proyek tanpa prospek

  7. Membuka pintu menuju investasi nyata.
    MVP mampu membantu anda menunjukkan kepada investor apakah ide produk anda memiliki masa depan dan sepadan dengan risikonya atau tidak.

Referensi: