Apa kabar demokrasi saat ini?

Aksi mahasiswa pada peringatan tiga tahun pemerintahan Jokowi JK sepat diwarnai aksi penangkapan mahasiswa yang dinilai menjadi titik pembungkaman demokrasi, kemudian kini masalah UU MD3 yang dinilai akan menjadi titik lunturnya demokrasi. Menurut anda bagaimana kabar demokrasi saat ini?

Kabar Demokrasi Indonesia menurut saya seperti sebuah tubuh yang sedang terserang flue. Dianggap remeh namun dapat berbahaya, bahkan menyebabkan kematian seperti di Amerika pada tahun 2017. Begitupula dengan masalah demokrasi di Indonesia. Semakin hari sejek reformasi, rakyat memang semakin bebas mengutarakan apapun tetapi terkdang terlalu bebas. Hal tersebut menyebabkan hoax, berita menakutkan, dan kekawatiran menyebar. Tetapi tidak semua yang dikatakan rakyat adalah guyonan atau hoax semata. Ada beberapa aspek yang memang benar adanya dan dapat menjadi bahan evaluasi pemerintah. Kemudian jika kita melihat pemerintah Indonesia, terkadang terkesan acuh hingga ada kejadian yang tidak diinginkan tetapi terkadang terlalu berlebihan sehingga terkesan kehilangan rasa demokratisnya. Pemerintah terkadang menunjukan seperti rasa takut akan sesuatu sehingga menutup segala kemungkinan pemberontakan. UU MD3 menjadi sangat kontraversi. Rakyat seperti dibungkam walapun hanya ingin mengungkapkan keluh kesah kepada anggota yang ditunjuk menjadi perwakilanya.

Kabar demokrasi saat ini telah dipenuhi oleh polusi kekuasaan dan ambisi tahta. Kebebasan berbicara seperti menjadi senjata memenangkan kepentingan pribadi.