Apa jenis pakan alternatif yang sesuai untuk ayam kampung?


(Byesusi) #1

image

Untuk memberi pakan pada ayam kampung, jenis pakan apa yang sesuai untuk kesehatannya?


(Calcuela Laura) #2

Berdasarkan artikel yang saya baca, pakan yang sesuai untuk diberikan pada ayam kampung dapat disesuaikan dengan tingkatan usianya, seperti berikut:

  1. Pakan Ayam Umur 0 – 60 hari
    Untuk anak ayam yang baru menetas atau umur 0 – 60 hari pakan bisa menggunakan pakan pabrikan. Gunakan pakan yang butirannya halus khusus untuk anak ayam agar mudah dicerna.

  2. Pakan Ayam Umur 61 – 120 hari
    Untuk ayam-ayam yang sudah berumur 61 – 120 hari pakan bisa menggunakan campuran pakan pabrikan, dedak dan jagung. Perbandingan masing-masing pakan adalah 1 kg pakan pabrikan : 3 kg dedak : 1 kg jagung giling kasar.

  3. Pakan Ayam Umur 121 hari keatas
    Untuk ayam yang berumur 4 bulan keatas, pakan yang diberikan bisa menggunakan layer dan dedak atau jagung. Perbandingan campurannya adalah 1 kg layer dan 2 kg dedak atau jagung. Untuk menambah nilai gizi, pakan bisa ditambahkan dengan hijauan yang dicincang halus sebanyak 20% dari jumlah pakan.

  4. Pakan Ayam Umur 180 hari keatas
    Ketika ayam berumur 6 bulan ketasa biasanya sudah memasuki masa produktif atau periode bertelur. Untuk ayam-ayam yang sudah memasuki masa bertelur (masa produktif) pakan bisa diberikan layer dan dedak atau jagung. Dengan perbandingan campuran pakan 1 kg layer dan 1 kg dedak atau jagung. Tambahkan hijauan yang dicincang halus sebanyak 25% dari jumlah pakan yang diberikan.

  5. Pakan Tambahan
    Untuk ayam-ayam dewasa (umur 4 bulan keatas) bisa diberikan pakan tambahan yang berupa sisa-sisa makanan, ampas tahu, ampas singkong, keladi/talas, ubi, cangkang keong yang dihaluskan dan sebagainya.

baca artikel