Apa jenis jenis burung anis di indonesia ?

burung

(hikmal hakimi) #1

Setiap hewan memiliki beragam jenisnya, lalu Apa sajakah jenis jenis burung anis di indonesia ?


(Sri Wulandari N) #2

JENIS - JENIS BURUNG ANIS DI INDONESIA

1. Anis Merah atau Punglor Merah

image

Burung Anis merah merupakan jenis anis yang paling banyak dimiliki dibanding dengan jenis burung anis lainnya. Ini karena keistimewaan yg dimilikinya, seperti kicauan yang merdu plus variasi gaya teler saat berkicau.

2. Anis Sulawesi atau Punglor Sulawesi

image

Burung anis jenis ini berasal dari Sulawesi. Jenis ini bisa dibilang unik karena penampilannya agak berbeda dengan jenis punglor/anis pada umumnya. Tubuh terlihat panjang, paruh tebal dan agak panjang.

3. Burung Anis Gading atau Punglor Gunung

image

Burung anis jenis ini termasuk jenis yang paling besar ukuran tubuhnya dari seluruh keluarga Punglor (Thrush). Suara kicauannya tidak terlalu menarik menurut kicau mania. Di Indonesia burung ini sering ditemukan di beberapa tempat. Sedangkan penyebaran seluruh subspecies burung ini sangat luas. Mencakup wilayah Asia, Asia Tenggara sampai ke pulau-pulau di wilayah Pasifik.

4. Punglor Kening atau Punglor Kayu

image

Nama jenis anis ini lumayan familiar, ada istilah kayu di belakang kata Punglor. Admin burung.web.id sendiri nggak tau kenapa diberi nama itu, atau mungkin karena warnanya mirip kayu, kecoklatan. Ukuran tubuh lumayan besar.

Nama lainnya adalah Punglor Kening. Pada bagian kepala di atas mata jenis ini terdapat alis berwarna putih. Suara kicauannya tidak semerdu sepupunya dari genus Zoothera, namun lumayan menarik untuk digacorkan dan bisa variasi.

5. Burung Anis Tanimbar

image

Punglor ini endemik Indonesia, yang berasal dari Pulau Tanimbar, Maluku. Masuk keluarga yaitu Zoothera schistacea. Saat ini populasi burung anis jenis ini semakin terancam kehidupannya, akibat perusakan hutan dan perambahan liar.

6. Burung Anis Seram

image

Di pulau Seram, Maluku juga terdapat satu subspecies Punglor. Tubuh bagian atas cokelat zaitun, punggung bawah hitam sabak, palang sayap putih, penutup ekor bawah hitam berujung putih lebar, dan penutup sayap bawah berwarna kehitaman.Jenis ini merupakan burung endemik di Pulau Seram dengan tubuh berukuran agak kecil dibanding anis lainnya (17 cm).

7. Burung Anis Buru

image

Kelihatannya sekilas juga mirip dengan Punglor Kembang, namun postur tubuh anis buru sedikit lebih panjang. Punglor atau Anis Buru ditemukan di pulau Buru, Maluku dan sebelah barat pulau Seram. Punglor Buru mirip dengan Punglor Seram. Meskipun banyak kemiripan tapi oleh para peneliti Punglor Buru dan Punglor Seram dipastikan sebagai dua species yang berbeda.

8. Anis Engano

image

Pulau Enggano, Bengkulu ternyata memiliki satu jenis Punglor. Para kicau mania Indonesia, burung Punglor Enggano mungkin kurang dikenal. Namun burung yang hidup di pulau sebelah barat pulau Sumatra, Punglor Enggano, termasuk salah satu burung kicau yang indah suaranya serta memiliki variasi.

9. Punglor Sisik
Burung anis jenis ini termasuk burung pendiam, berbeda dengan burung kicau anis lainnya. Menurut mayoritas kicaumania Indonesia, sangat sulit membuat burung ini mau berkicau, seringnya cuma bunyi “ssestt sesstt” aja.

Meskipun ada juga yang berhasil memaster burung ini. Tetapi tergolong “susah-susah sulit” bukan “gampang-gampang susah” tapi, alias benar-benar perlu kesabaran esktra dan perawatan khusus.

10. Anis Siberia

image

Si Hitam ini agak misterius, seperti burung jalak, dan bertubuh cukup besar. Namun dengan tubuhnya yang besar seperti itu burung anis siberia juga mampu mengeluarkan suara kicau yang lumayan unik dan enak. Gaya kicaunya yang unik yaitu setengah teler, menoleh ke kiri dan ke kanan, sambil berkicau lembut, sangat menarik perhatian apabila kicaumania melihatnya.

11. Burung Anis Hutan

image

Di Jawa Barat burung ini terkenal dengan sebutan Anis Hutan. Suara kicauan juga terbilang merdu dan indah. Populasi burung ini semakin berkurang dan mulai langka karena pemburuan dan perusakan alam liar. Burung anis jenis ini ada yang menyebutnya mirip Punglor Macan, tapi sepertinya lebih mirip dengan Punglor Sisik, sehingga tidak jarang orang menyangka ini adalah Punglor Sisik.

12. Burung Anis Macan

image

Burung Anis Macan disebut juga sebagai Punglor Macan, juga Punglor Ampenan karena pertama kali burung ini dibawa dari Ampenan. Tapi para kicaumania lebih suka menyebut burung anis jenis ini dengan sebutan Punglor Macan. Kicauannya yang lembut mengalun dan merdu, cocok untuk dijadikan burung kicau rumahan.

13. Burung Anis Cendana

image

Untuk burung anis jenis ini, tergolong agak baru dikenal kalangan penggemar burung Indonesia, kalau tidak salah burung ini baru mulai populer sekitar tahun 2000-an, awal diperkenalkan di pedagang burung pulau Jawa. Suara kicauannya tergolong bagus, mampu menyerap berbacai macam suara masteran, namun gayanya yang unik “gaya nungging” agak mengurangi penampilannya di kontes burung. Walau begitu Punglor Cendana tetap menjadi salah satu favorit untuk dijadikan koleksi peliharaan.