Apa itu Warna Tersier ?

image
Alam karya seni bersifat visual, teori warna merupakan panduan praktis yang utama dalam mencampur warna dan juga merupakan efek visual dari kombinasi warna tertentu. Pada teori warna untuk melukis terdapat Warna Tersier. Apa itu Warna Tersier ?

Warna Tersier


Warna tersier adalah warna yang dihasilkan dari campuran satu warna primer dengan satu warna sekunder dalam sebuah ruang warna. Istilah “warna tersier” pada awalnya dicetuskan merujuk pada warna-warna “netral”; yang dibuat dengan mencampur tiga warna primer dalam sebuah ruang warna. Ini akan menghasilkan warna putih atau kelabu, dalam sitem warna cahaya additif, sedangkan dalam sistem warna subtraktif pada pigmen atau cat akan menghasilkan coklat, kelabu atau hitam. Pengertian seperti ini masih umum dalam banyak tulisan-tulisan teknis.

Cokelat dan abu-abu mengandung ketiga warna primer. Mereka diciptakan dengan mencampur entah 3 warna primer atau sebuah warna primer dengan warna sekunder. Dengan memvariasikan proporsi warna yang hendak dicampur maka kita akan bisa membuat warna tersier yang berbeda-beda.

Untuk menghasilkan warna-warna tersier yang diinginkan tentu saja sekali yang diperlukan adalah eksperimen dan kebarian dalam mencampur berbagai warna. Tapi harus diingat, jika kita mencampur terlalu banyak warna, maka hasilnya akan terlihat jorok. Jika warna abu-abu atau cokelat nggak seperti yang kita inginkan, maka coba ulang kembali prosesnya sampai menemukan warna yang pas.