Apa itu Salmetelor?

image
Apa yang kalian ketahui mengenai obat salmetelor?

Salmeterol adalah obat untuk pencegahan atau pengurangan episode suara mengi dan kesulitan bernapas yang disebabkan oleh asma atau penyakit paru yang sedang berlangsung (penyakit paru-paru obstruktif kronis, yang meliputi bronkitis kronis dan emfisema). Obat ini adalah terapi jangka panjang yang hanya harus digunakan jika gejala asma Anda tidak dapat dikontrol oleh obat asma yang lain (seperti inhaler kortikosteroid). Salmeterol tidak boleh digunakan secara tunggal untuk mengobati asma. (Lihat juga bagian Peringatan.) Obat ini juga digunakan untuk mencegah asma yang disebabkan oleh olahraga (bronkospasme). Salmeterol bekerja pada saluran napas dengan merelaksasi otot dan membuka saluran udara untuk meningkatkan pernapasan. Mengontrol gejala masalah pernapasan dapat membuat Anda dapat beraktivitas dengan normal.

Obat ini tidak bekerja dengan segera dan tidak boleh digunakan untuk serangan kesulitan bernapas tiba-tiba. Dokter harus meresepkan obat bantuan cepat/inhaler (misalnya, albuterol) untuk sesak napas/asma tiba-tiba saat Anda menggunakan obat ini. Anda harus selalu membawa inhaler Anda. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker untuk lebih jelasnya.

Obat ini harus digunakan secara kombinasi dengan obat lain seperti inhalasi long-acting kortikosteroid. Namun, obat ini tidak boleh digunakan dengan inhalasi beta agonis long-acting lainnya (misalnya, formoterol, kombinasi salmeterol/flutikason) karena dapat meningkatkan risiko efek samping.

Disarankan bagi anak-anak dan remaja yang perlu menggunakan salmeterol untuk mengobati asma mereka, menggunakan produk kombinasi salmeterol/flutikason. Periksalah dengan dokter anak Anda untuk melihat apakah produk ini adalah produk yang tepat untuk anak Anda.

Pada pasien dengan asma, obat ini tidak boleh digunakan ketika masalah pernapasan dapat dikontrol dengan inhalasi kortikosteroid (misalnya, flunisolide, fluticasone) dan kadang-kadang menggunakan inhaler bantuan cepat (Lihat juga bagian Peringatan).

Jika Anda secara teratur menggunakan kortikosteroid melalui mulut (misalnya prednisone), Anda tidak boleh berhenti menggunakannya atau menggunakan obat inhalasi ini sebagai gantinya. Terus ikuti petunjuk dokter untuk konsumsi kortikosteroid.

Sumber : hellosehat.com