Apa itu Period After Opening (PAO)?

Pada wadah skincare atau makeup, sering ditemukan gambar jar disertai angka. Apa arti dari simbol tersebut?

image

Simbol Period-After-Opening atau simbol PAO merupakan simbol grafik yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi masa penggunaan dari sebuah produk kecantikan maupun skin care setelah produk tersebut dibuka untuk pertama kalinya. Simbol tersebut biasanya digambarkan dengan tanda kemasan kosmetik atau skin care yang sudah digunakan dan disertakan angka yang merupakan bulan atau tahun.

Di European Union, produk kosmetik atau skin care yang memiliki masa penggunaan sedikitnya 30M atau 30 bulan tidak memerlukan tanggal “best used before end of …” atau yang biasa disebut tanggal kadaluarsa. Melainkan adanya tanda yang mengatakan “an indication of the period of time after opening for which product can be used without any harm to the customer” yang artinya adalah sebuah indikasi dari masa penggunaan setelah pembukaan kemasan yang dimana produk dapat digunakan tanpa membahayakan atau merugikan pengguna.

Semua produk kosmetik yang memiliki masa penggunaan kurang dari 30 bulan harus memiliki tanggal “best before the end of”. Hal ini dapat ditunjukkan dengan simbol “egg timer” atau yang biasa dikenal dengan simbol jam pasir yang diikuti dengan tanggal kadaluarsa. Produk yang memiliki simbol ini biasanya memiliki masa penggunaan sesuai dengan tanggal kadaluarsa yang tertera pada bagian bawah atau samping kemasan.

Sumber:
https://babyologist.com/blog/apaitupaoperiodafteropening-n407